Kompas.com - 11/11/2015, 12:33 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Apakah Anda sedang mengonsumsi makanan bebas gluten? Perlu diketahui bahwa makanan yang tidak mengandung gluten, belum tentu bagus untuk kesehatan. Bahkan, ada beberapa jenis makanan bebas gluten yang sebaiknya dihindari.

Ada 4 bahan makanan yang tidak mengandung gluten, antara lain tepung maizena, tepung beras, tepung tapioka dan tepung kentang. Ini adalah bahan yang paling banyak digunakan dalam makanan olahan bebas gluten.

Walau tidak mengandung gluten, bahan-bahan makanan tersebut tidak menyehatkan, terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Sebaiknya, Anda menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan diatas yang dijual di pasaran, guna mengatur karbohidrat untuk memperbaiki metabolisme tubuh.

Tidak ada yang meningkatkan gula darah lebih tinggi ketimbang karbohidrat pada makanan bebas gluten, misalnya roti atau pasta yang tidak mengandung gluten.

Gula darah disebabkan karena menyantap dua potong roti gandum bebas gluten yang terbuat dari tepung kentang dan tepung beras yang bisa meningkatkan gula darah hingga 180 mg/dL dalam 1 jam setelah mengonsumsi.

Sementara itu, ada sedikit produsen makananan yang sebenarnya mengembangkan produk bebas gluten dan bebas gandum dengan tidak memakai bahan-bahan karbohidrat. Sehingga, tidak akan meningkatkan gula darah dan aman (misalnya tepung kelapa, tepung almond, biji chia dan tepung).

Namun, makanan tersebut memang tidak dapat diperoleh secara utuh, harus melalui proses pemotongan atau penggilingan. Proses ini hanya memakan waktu 30 sampai 60 detik. Giling semua bahan sampai halus jika tidak menginginkan masih dalam berbentuk butiran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.