Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Intip 5 Tip Diet yang Mudah Diterapkan Ini!

Kompas.com - 15/11/2015, 19:01 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Anda ingin menurunkan berat badan tapi bosan dengan saran diet yang itu-itu saja; perbanyak sayuran, olahraga rutin, dan batasi asupan kalori.

Mungkin Anda perlu ide yang segar dan baru. Coba Anda terapkan ide-ide ini. Sederhana, mudah, dan bisa langsung Anda terapkan setelah membaca artikel ini.

 

Tip 1: Sarapan dengan Barley

Barley adalah oatmeal jenis baru, kata Dawn Jackson Blatner, RD, pakar diet dari Chicago dan penulis buku The Flexitarian Diet.

Barley mendapat reputasi sebagai penghadang lapar setelah para peneliti Swedia menemukan bahwa makanan penuh serat ini dapat menjaga kadar gula darah tetap normal jika disantap saat sarapan. Ini karena karbohidrat di dalam barley tergolong bergindeks glikemik rendah.

Artinya, kadar gula darah naik dengan perlahan setelah menyantap barley. Ini juga berarti, bahwa Anda akan merasa kenyang lebih lama dibanding dengan menyantap jenis makanan lain. Pilih jenis barley utuh, bukan yang sudah terlalu banyak diproses.

 

Tip 2: Tambahkan lemak pada sayuran Anda

Salah satu kesalahan yang umum dilakukan pelaku diet adalah hanya memakan sayur tanpa saus atau tambahan apapun saat makan siang, jelas Joan Salge Blake, RD, profesor bidang nutrisi Boston University dan juru bicara American Dietetic Association.

"Alhasil mereka jadi merasa lapar di sore hari dan terdorong makan besar waktu malam," katanya lagi.

Salad atau sayuran adalah pilihan yang baik, jika Anda menambahkan protein dan sedikit lemak di dalamnya supaya Anda bisa bertahan kenyang lebih lama.

 

Tip 3: Penuhi kulkas dengan sayuran beku

Tentu saja, sayuran segar sangat lezat dan bernutrisi. Tapi ada banyak orang yang terbatas waktunya untuk memilah-milah sayur, memotong dan mencucinya. Akhirnya, karena alasan waktu, mereka beralih ke makanan instan yang tidak sehat.

Solusinya: stok sayuran beku di lemari pembeku Anda. Sayuran beku sudah dibersihkan, dipilah dan dipotong. Anda tinggal mengolahnya saja, jelas Blake.

 

Tip 4: Silakan ngemil

Jika Anda adalah tipe yang suka mengudap, tak perlu terlalu ditahan-tahan. Beberapa studi menyebutkan, orang akan cenderung makan dalam jumlah lebih banyak jika makanan itu ada di depan matanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com