Pasien Diabetes Bisa Koma karena Gula Darah Rendah

Kompas.com - 16/11/2015, 09:57 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasien diabetes melitus tak hanya perlu menjaga agar kadar gula darah tidak naik, tetapi juga gula darah rendah atau hipoglikemia. Hipoglikemia rentan dialami pasien diabetes yang menggunakan suntik insulin atau obat-obatan untuk menurunkan gula darah.

Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), dokter Spesialis Penyakit Dalam Achmad Rudjianto mengungkapkan, hipoglikemia bisa terjadi jika pemakaian obat dengan dosis yang tidak tepat.

“Hipoglikemia itu responnya tambah makan. Nanti kalau sakit, gula darah tinggi,  minum obat dosisnya dinaikkan, padahal karena habis makan, akhirnya hipoglikemia lagi,”terang Rudjianto di Jakarta, Sabtu (14/11/2015).

Bisa juga terjadi jika pasien diabetes melakukan olahraga berat tanpa memerhatikan kadar gula darah terlebih dahulu. Pada hipoglikemia yang ringan, gejalanya antara lain, rasa lapar yang berlebihan, jantung berdebar-debar, dan keringat dingin. “Pasien harus segera makan karbohidrat. Kalau bisa karbohidrat murni,” ujar Rudjianto.

Untuk hipoglikemia yang berat, mulai terjadi gangguan pada otak yang menyebabkan kesadaran menurun hingga koma. Hipoglikemia bisa terjadi berulang kali yang akhirnya bisa menyebabkan risiko jangka panjang, yaitu merusak jantung dan pembuluh darah.

Dalam penelitian Diabcare tahun 2012, sekitar 20-30 persen pasien diabetes di Indonesia mengalami hipoglikemia. Bahkan penelitian lain menunjukkan, 100 persen pasien diabetes tipe 1 mengalami hipoglikemia. Sayangnya, banyak pasien diabetes yang tidak khawatir mengalami hipoglikemia.

“Sekitar 60 persen enggak khawatir hipoglikemia karena responnya nambah makan. Kalau sakit, ya minum obat, tapi mereka enggak tahu bisa koma,” kata Rudjianto.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X