Kompas.com - 16/11/2015, 12:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Masyarakat di era pertengahan Victoria, antara tahun 1850 dan 1872 sering disebut masyarakat masa emas nutrisi. Para peneliti berhasil mengungkap pola makan seperti apa yang dimiliki masyarakat di era tersebut.

Dr. Judith Rowbotham, Ilmuwan dari University of Playmouth menulis penelitian bersama Dr Paul Clayton, dari Institute of Food, Brain and Behavior tentang nutrisi era Ratu Victoria itu.

Rowbotham menjelaskan masyarakat lebih sehat dengan sistem kekebalan tubuh lebih kuat hidup di era Victoria kendati mereka mengonsumsi hampir 5.000 kalori dalam sehari.

Peneliti menemukan makanan di era itu kaya akan sayur, makan roti gandum utuh dengan ragi yang memperbaiki sistem kekebalan tubuh, lebih sedikit asupan alkohol dan jauh dari gula. Semua itu menghasilkan tubuh lebih sehat.

Dr Rowbotham mengatakan,"Mereka makan bawang, selada air, kubis, bit, artichoke, apel." Untuk buah, orang-orang miskin di era itu banyak makan ceri yang murah meriah.

Mereka makan daging dari tulang dan merebus tulang untuk mendapat semua nutrisi. Selain itu asupan protein didapat dari ikan herring, mackerel dan cod. Sedangkan roti yang dimakan mengandung ragi yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh.

Makanan lain yang lazim dimakan orang di jaman Victoria adalah apel, ceri dan plum. Kentang dan potongan besar daging adalah barang mewah sehingga jarang dikonsumsi. Gula adalah kemewahan yang dimakan hanya oleh orang kaya.

Masyarakat kelas pekerja jaman Victoria tidak merokok atau pun minum alkohol, kecuali bir kaya ragi. Rowbotham menyarankan kita untuk kembali ke pola makan jaman Ratu Victoria, yaitu makan masakan rumah daripada makanan jadi.

Kita perlu sadar pentingnya makan buah dan sayur yang membuat masyarakat jaman Victoria lebih sehat dan panjang umur dibandingkan orang di jaman sekarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.