Apa Penyebab Kulit Cepat Menua?

Kompas.com - 17/11/2015, 08:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Penuaan adalah hal yang tak terelakkan, tetapi terkadang tanda-tanda penuaan datang lebih cepat dari seharusnya. Ketahui apa saja pemicunya sehingga penuaan bisa diperlambat.

Ahli nutrisi dan terapi, juga pendiri Food Coach, Dana James menjelaskan apa penyebab penuaan dini dan cara mengatasinya secara alami:

- Stres
Stres adalah bagian dari kehidupan manusia, tetapi jika berlebihan  bisa mencuri nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit.

"Ketika stres, tubuh menghabiskan berbagai nutrisi termasuk magnesium dan vitamin C untuk membuat hormon stres, seperti kortisol, adrenalin dan nonadrenalin" ujar James.

Magnesium dan vitamin C memainkan peran penting untuk pembentukan kolagen. Jika Anda stres, konsumsi cukup vitamin C, magnesium dan vitamin B kompleks setiap harinya.

- Penurunan hormonal
Wanita yang sedang datang bulan atau menopause biasanya lebih sering mengonsumsi gula untuk memperbaiki mood. Ternyata hal tersebut dapat memicu lonjakan hormon insulin.

Efek lain yang tubuh alami adalah inflamasi dan produksi enzim yang memecah kolagen dan elastin, yang menambah kerutan pada kulit. Kebiasaan makan ini juga dapat menghilangkan hormon estrogen dan testosteron.

Kendalikan konsumsi gula dan tepung untuk mengembalikan keseimbangan hormon. Melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti mendengarkan musik atau menari juga dapat mengurangi perasaan yang naik-turun saat PMS.

- Gelisah dan kurang tidur
Peremajaan kulit terjadi pada malam hari ketika tidur. Karenanya kita perlu tidur cukup.

"Tidur kurang dari 6 jam akan menyebabkan ghrelin meningkat dan akan terbangun karena lapar. Ghrelin juga sebagai pemicu ingin makan makanan yang berbasis karbohidrat" tambahnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X