Kompas.com - 23/11/2015, 17:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Banyak orang yang tidak suka makan bawang merah karena takut bau mulut atau memang tidak suka dengan rasanya. Padahal, bawang merah memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut penelitian, bawang merah memiliki kandungan bermanfaat yang jarang ditemukan pada sayuran lain. Berikut kandungan bawang merah dan khasiatnya bagi tubuh, seperti dikutip dari Boldsky.

Quercetin

Bawang merah mengandung quercetin yang bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-jamur. Mengonsumsi bawang merah dipercaya dapat mencegah seseorang terkena kanker. Selain itu, kandungan quercetin juga dinilai efektif menyembuhkan sakit flu dan demam.

Allicin

Bawang merah juga mengandung allicin yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Menurut penelitian, rutin makan bawang merah dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap normal.

Manfaat lain dari kandungan allicin pada bawang merah adalah mengatasi ketombe pada rambut.

Organosulphur

Penelitian menunjukkan, bawang merah kaya akan organosulphur, yaitu suatu senyawa sulfur yang efektif mengatasi penyebab kanker prostat dan lambung.

Organosulphur dapat menciptakan lapisan pelindung saat tubuh berperang melawan kanker di kelenjar prostat dan perut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber BOLDSKY
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.