5 Mitos Salah tentang Kesehatan Perempuan

Kompas.com - 24/11/2015, 13:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Di masa modern ini, kita “dibanjiri” oleh banyak sekali pesan mengenai hidup sehat. Pilih lemak baik jangan lemak buruk, jangan makan terlalu banyak, olahraga ini baik dan yang itu buruk, dan sebagainya. Tak heran, kita jadi bingung mana saran yang harusnya diikuti.

Untuk membuat pilihan kesehatan yang baik, kita perlu informasi yang baik - bukan dari sumber sembarangan atau hanya sepotong-sepotong yang sebenarnya untuk kepentingan komersial.

Menurut Marcelle Pick, OB/GYN NP, ada lima mitos tentang kesehatan wanita yang sebaiknya tidak dipercaya sepenuhnya.

 

1. Wanita tidak perlu suplemen multivitamin jika pola makannya sudah baik.

Memang,  idealnya semua kebutuhan nutrisi bisa kita dapat dari makanan sehari-hari, sayangnya itu tidak terjadi di dunia saat ini. Praktik pertanian, pengolahan dan pengemasan saat ini,  menguras nutrisi dari makanan kita.

 Belum lagi jika kita perhitungkan faktor lokasi yang membuat tidak semua orang bisa mengakses informasi dengan mudah. Tidak semua orang tahu apa itu asam amino Omega-3 dan tidak semua orang juga mampu membelinya.

Selain itu, tubuh kita terus-menerus dibanjiri dengan racun dan radikal bebas, sesuatu yang sulit dikontrol di kehidupan modern sekarang ini. Kurang satu atau dua jenis nutrisi adalah sesuatu yang semakin umum terjadi. Itulah sebabnya, kita membutuhkan suplemen multivitamin.

Semakin  Anda dapat mendukung kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh Anda, semakin baik kesempatan Anda memiliki sistem tubuh yang seimbang.

 

2. Usia semakin tua, keinginan seks menurun.

Benar, di masa menopause, kadar hormon progesteron, estrogen and testosteron akan berkurang. Testosteron adalah hormon utama yang mengatur libido. Jika kadarnya berkurang, libido pun akan turun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X