Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekamar dengan Hewan Peliharaan Bisa Sebabkan Gangguan Tidur

Kompas.com - 25/11/2015, 09:01 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Ada banyak manfaat kesehatan dengan memiliki hewan peliharaan. Sayangnya, tidur sekamar dengan hewan bisa menimbulkan gangguan tidur. Begitulah isi dari sebuah studi terbaru.

"Umumnya, orang yang memiliki hewan peliharaan, terutama anjing atau kucing, cenderung membiarkan hewan peliharaan mereka tidur sekamar di malam hari. Entah para hewan tidur di lantai atau di ranjang, namun kehadiran mereka bisa membuat kualitas tidur Anda menurun,” kata Dr Lois Krahn, spesialis tidur dan psikiatri di Mayo Clinic di Scottsdale, Arizona.

“Suara, gerakan, bau, dan alergen yang ditimbulkan oleh hewan peliharaan dapat mengganggu tidur,” lanjutnya.

Untuk melihat bagaimana hewan peliharaan memengaruhi tidur para responden, para peneliti mensurvei 150 orang yang dirawat di Center for Sleep Medicine di Mayo Clinic di Arizona.

Hampir setengah peserta, sekitar 74 orang, memiliki hewan peliharaan, dan 31 orang lainnya memiliki hewan peliharaan yang cukup banyak di rumah mereka.

Responden ditanyai tentang kebiasaan tidur hewan peliharaan dan faktor lingkungan lain.

Hasilnya, 30 persen responden mengaku mengalami gangguan tidur yang berhubungan dengan perilaku hewan peliharaan di kamar tidur, seperti berkeliaran, mendengkur, berkemih, merintih dan kejang.

Meski tak sampai setengah dari responden yang mengalami gangguan tersebut, temuan ini menunjukkan, bahwa kesulitan tidur sangat mungkin disebabkan oleh kehadiran hewan peliharaan di kamar tidur.

Menurut Dr Mark Stephens dari University of Health Sciences, Maryland, hewan-hewan yang bergerak aktif lah yang kemungkinan besar menimbulkan masalah gangguan tidur.

"Sebuah retriever misalnya, berpotensi mengganggu tidur, karena mereka membutuhkan ruang yang luas," kata Stephens.

Namun, menurut Allen McConnell, seorang psikolog di Miami University di Oxford, Ohio, di luar masalah tidur, hewan peliharaan, terutama anjing nyatanya dapat menawarkan manfaat kesehatan dengan mendorong orang untuk bergerak lebih aktif, hingga memberikan rasa nyaman dan aman.

Sehingga bukan berarti, orang dengan gangguan tidur tidak boleh memiliki hewan peliharaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com