Kompas.com - 26/11/2015, 11:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Menyusui tak hanya memberi manfaat bagi bayi, namun juga bagi para ibu. Bila ASI berperan penting dalam pertumbuhan serta pembentukan kekebalan tubuh bayi, ibu yang rutin memberikan ASI kepada bayi juga terhindar dari beragam penyakit berbahaya.

Penelitian sebelumnya mengemukakan bahwa menyusui dapat melindungi wanita dari reseptor hormon negatif tumor—salah satu jenis tumor ganas yang merupakan bagian dari kanker payudara.

Kini, para peneliti dari Kaiser Permanente di Oakland, California, baru saja mendapati kalau menyusui juga bisa menjauhi ibu dari diabetes tipe 2. Ini berlaku untuk para ibu dengan riwayat kesehatan yang baik, maupun ibu yang telah mengalami diabetes gestasional saat hamil.

Para peneliti mengamati, wanita yang telah terkena diabetes gestasional selama hamil hingga dua tahun setelah kelahiran.

Studi yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine pekan ini  menemukan, menyusui dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya diabetes gestasional menjadi diabetes tipe-2.

"Kehamilan bisa mengubah kemampuan metabolik ibu, sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya diabetes," kata penulis studi Erica Gunderson P kepada New York Times.

Namun saat menyusui, kadar glukosa menjadi lebih rendah, sehingga mengurangi produksi insulin. Ini memberikan waktu bagi sel beta pankreas wanita untuk melakukan sedikit istirahat, sehingga memungkinkan untuk kembali pulih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber TIME.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.