Kompas.com - 06/12/2015, 16:09 WIB
Ilustrasi Thinkstock.comIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Bicara soal ramuan awet muda yang bisa memperpanjang usia ternyata tak hanya sebatas di film fiksi. Dunia sains telah mencoba untuk mencari tahu bagaimana cara agar penuaan dapat ditunda.

Bertahun-tahun berkutik dalam penelitian, para ilmuwan kemungkinan akan mencetak rekor baru dalam sejarah. Seperti yang dilansir dalam New Zealand Herald, obat anti-penuaan sedang dalam proses pengujian dan akan diuji coba pada efektivitasnya pada manusia mulai tahun depan.

Jika hasilnya bisa memuaskan, kita sebagai manusia bisa memperpanjang hidup hingga 120 tahun dengan kondisi kesehatan yang baik hingga akhir usia.

Obat yang sedang diuji oleh ilmuwan tak lain adalah pil diabetes yang disebut metformin. Metformin bekerja meningkatkan aliran oksigen pada sel tubuh sehingga memperlambat pembelahan sel, yang berarti tubuh bisa terus berfungsi dengan baik walau penuaan tetap terjadi.

Para ilmuwan dari Belgia telah menguji obat tersebut pada cacing gelang dan memiliki hasil yang positif. Maka dari itu, langkah selanjutnya adalah melakukan percobaan pada manusia.

"Saya telah melakukan penelitian terkait penuaan selama 25 tahun dan gagasan bahwa kami akan melakukan percobaan klinis pada manusia untuk obat anti-aging sebenarnya tak pernah terbayangkan," kata profesor Gordon Lithgow.

"Ada alasan untuk percaya bahwa hal itu mungkin saja terjadi. Ilmu biologi bisa menciptakan sesuatu yang baru bagi manusia."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X