Olahraga Seminggu Sekali Jaga Kestabilan Emosi

Kompas.com - 07/12/2015, 09:47 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Job burnout. Lebih dari 70% pekerja pernah mengalaminya, 30% bisa melaluinya dengan baik, namun 40% kerap dilanda kelelahan kerja secara konsisten.

Bahkan, hal tersebut dinilai bisa lebih buruk saat cuaca memasuki musim dingin atau hujan, di mana kemacetan kerap meningkat dan mobilitas menjadi terganggu karena buruknya cuaca.

Meningkatnya stres akibat kondisi itu, nyatanya bisa mengacaukan kestabilan emosi. Membuat Anda gampang tersinggung, marah, bahkan hilang semangat.

Berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari bisa menjadi penangkal stres yang efektif. Selain membuat tubuh sehat, mood baik akan terus terjaga.

Namun, bila pilihan itu tak cocok dengan jam sibuk Anda di kantor, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam BMC Psychiatry memberi pilihan yang lebih sederhana dan tak memakan banyak waktu, yaitu cukup dengan olahraga selama 1 jam seminggu sekali.

Selama satu tahun setengah, peneliti dari Institute of Stress Medicine dan University of Gothenburg di Swedia menganalisa 69 wanita dan pria yang menjalani terapi akibat stres yang berhubungan dengan kelelahan kerja. Dari tingkatan yang ringan, sedang, hingga depresi.

Para relawan dibagi dalam 3 kelompok. Kelompok pertama diminta untuk menghabiskan waktu untuk keluar kantor setidaknya 3 kali seminggu, baik untuk mencari suasana kerja baru, makan siang atau sekadar relaksasi saat jam istirahat.

Kelompok kedua diminta untuk tetap bekerja seperti biasa namun rutin berolahraga seminggu sekali. Sedang kelompok ketiga diminta untuk bekerja saja.

Para peneliti lantas memeriksa kembali kondisi relawan di 6 bulan pertama, 1 tahun, dan setelah 18 bulan penelitian, mereka mengukur tingkat aktivitas dan kesehatan mental relawan.

Pada akhir penelitian, ketika para peneliti menguji tingkat depresi, stres, dan kelelahan dalam 3 kelompok, mereka menemukan bahwa relawan yang aktif berolahraga seminggu sekali berhasil mengurangi rasa jenuh dan depresi sebanyak 50 persen dan kondisi emosi mereka jauh lebih baik dan stabil ketimbang kelompok lain.

Para peneliti menyimpulkan: olahraga apapun bila dilakukan setidaknya satu kali seminggu bisa membuat perbedaan besar dalam suasana hati dan kesehatan mental.

Coba atur jadwal Anda untuk pergi ke gym, berlari atau bersepeda, atau sekadar berjalan setidaknya selama 60 menit.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X