Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transplantasi Penis Pertama di AS untuk Veteran Perang

Kompas.com - 08/12/2015, 12:40 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber TIME.com

KOMPAS.com — Transplantasi penis pertama di Amerika Serikat akan dilakukan pada beberapa bulan mendatang. Operasi itu bakal dilakukan oleh John Hopkins untuk para veteran perang.

Para ahli bedah di John Hopkins School of Medicine mengatakan, mereka sedang mempersiapkan diri melakukan transplantasi penis. Diperkirakan 1.367 serdadu AS mengalami kerusakan genital di Irak atau Afganistan antara 2001 dan 2013.

Selama ini, menurut laporan, hanya ada dua transplantasi penis yang pernah dilakukan, dan satu yang sukses melewati prosedur itu. Operasi tersebut belum pernah dilakukan di Amerika Serikat. Namun, John Hopkins sudah mendapatkan izin.

Proses itu masih dipandang eksperimental. Rumah sakit masih mempertimbangkan apakah akan membuat langkah itu menjadi operasi standar. Adapun John Hopkins saat ini masih mengidentifikasi kandidat yang mungkin akan menjalani operasi.

Pada prosedur baru tersebut, penis dari donor yang baru saja meninggal akan dipasang pada pasien penerima dengan pembuluh darah dan saraf terkoneksi. Ketika saraf penerima hidup dan berkembang pada organ transplantasinya, si penerima transplantasi diharapkan mendapatkan kembali fungsi seksualnya dan mampu menghasilkan keturunan. Penerima organ donor akan mendapatkan obat antipenolakan seumur hidup mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com