Kompas.com - 15/12/2015, 07:35 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Bicara soal diet, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar kalori dari makanan yang masuk ke dalam tubuh tak melebihi besarnya kalori yang bisa dibakar oleh tubuh. Menyediakan daun mint segar, bisa menjadi salah satu cara yang mudah dan sehat untuk dilakukan.

Menurut ahli diet dan ahli gizi Cynthia Sass, daun mint memiliki efek menekan nafsu makan yang hampir sama baiknya dengan obat diet yang dijual di pasaran.

Anda bisa mulai menambahkan daun mint pada secangkir teh, perasan air jeruk manis tanpa gula, bahkan pada pasta gigi.

Untuk pilihan yang lebih mudah, Anda bisa menyantap permen karet beraroma mint setidaknya sehari sekali. Namun sayangnya, ini tidak berlaku untuk minuman cokelat manis atau es krim berarma mint.

“Aroma mint yang kuat merupakan penekan nafsu makanan alami yang bisa Anda gunakan untuk menekan nafsu makan. Aroma tersebut juga memiliki efek psikologis yang membuat Anda merasa puas setelah menghirup kesegarannya, sehingga bisa menjaga Anda makan berlebihan. Seperti yang Anda tahu, kunci kesuksesan diet ialah makan sesuai porsi dan tak berlebihan,” papar Sass.

Sass melanjutkan, bila suatu waktu Anda merasa “ngidam” untuk makan yang manis-manis atau asin-asin, memasukkan beberapa helai daun mint segar pada air minum atau teh hangat tanpa gula, bisa membuat hasrat tersebut mereda dalam waktu 20 menit.

Caranya, hirup dalam-dalam aroma minta sebelum Anda meneguk minuman tersebut, lakukan perlahan dan rasakan efeknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.