Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antioksidan pada Cokelat Bantu Ringankan Penyakit Ginjal

Kompas.com - 20/12/2015, 19:09 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Mengonsumsi cokelat yang kaya akan flavanol dalam bentuk minuman dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan meningkatkan fungsi pembuluh darah pada orang yang menderita penyakit ginjal kronis.

Penyakit ginjal kronis yang memengaruhi lebih dari 26 juta orang di Amerika Serikat, sering disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan diabetes.

 Setelah penyakit tersebut berkembang, pasien memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terserang batu ginjal, kanker ginjal, dan penyakit kardiovaskular yang merupakan penyebab kematian nomor satu bagi orang dengan penyakit ginjal kronis.

Mengetahui hal ini, Dr. Tienush Rassaf dari University Hospital Essen di Jerman dan tim peneliti mengelurakan hipotesa, bahwa fungsi pembuluh darah pada penderita penyakit ginjal kronis dapat ditingkatkan dengan bantuan flavanol pada cokelat, yaitu antioksidan yang ditemukan dalam tanaman biji cokelat.

Untuk studi tersebut, para peneliti melibatkan 57 peserta yang berada dalam perawatan dialisis, yaitu prosedur perawatan yang dilakukan pada pasien yang sudah kehilangan 85 sampai 90 persen dari fungsi ginjal, yang dikenal sebagai kegagalan ginjal stadium akhir.

Kemudian, mereka memberi setengah peserta minuman yang mengandung 900 miligram flavanol cokelat setiap hari selama 30 hari, sementara separuh lainnya minum minuman dengan nutrisi yang sama, namun tanpa flavanol cokelat.

Setelah 30 hari, para peneliti menemukan, peminum flavanol cokelat berhasil memperbaiki fungsi pembuluh darah dan penurunan tekanan darah diastolik.

Para peserta yang tidak minum minuman tersebut, ditemukan tidak memiliki efek berarti pada fungsi pembuluh darah atau tekanan darah. menariknya, perubahan ini muncul jauh sebelum penelitian usai atau kurang dari 30 hari.

Walau hasil ini membawa angin segar bagi mereka dengan penyakit ginjal kronis untuk hidup lebih sehat, namun perlu dicatat bahwa makan cokelat tidak masuk dalam ketegori, dan harus tetap dalam pengawasan dokter.

Pengobatan alami terbaik untuk penyakit ginjal kronis tetaplah mengendalikan berat badan, makan sesehat mungkin, dan melakukan gaya hidup aktif.

Sebelum pemberian flavanol cokelat dapat menjadi pilihan pengobatan yang teratur, para peneliti mengatakan studi lebih lanjut masih diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com