Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Ahli Fitness di AS Mulai Meninggalkan Sit Up?

Kompas.com - 23/12/2015, 15:57 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Para ahli masih memperdebatkan boleh atau tidaknya kita melakukan sit up. Olahraga yang banyak dilakukan untuk mengecilkan perut ini disebutkan mungkin merusak tulang belakang kita.

Pelatih pribadi dan penasihat militer di Amerika Serikat percaya bahwa sit up berbahaya. Pasalnya, gerakan ini menekan terlalu banyak tulang belakang.

Mereka mengatakan, pria dan wanita harus menggantinya dengan gerakan plank. Di posisi plank badan kita tetap berada di atas dari keadaan menekan ke bawah.

Angkatan darat AS sudah menugaskan 10.000 tentara melakukan uji awal kebugaran fisik yang sudah direvisi dan tak termasuk sit up.

Dalam sebuah studi ditemukan 56 persen dari semua masalah yang dialami prajurit terkait uji kebugaran lama adalah gara-gara sit up.

Lalu, sebuah editorial di Navy Times yang meliput soal angkatan laut AS baru-baru ini menyerukan agar sit up dilarang sama sekali.

Mereka menyebut sit up sebagai olahraga kuno yang di zaman sekarang merupakan penyebab cedera tulang belakang bawah. Angkatan laut saat ini juga sedang mempertimbangkan persyaratan kebugarannya.

Korps marinir AS juga sedang mempertimbangkan standar komposisi tubuh dan kebugaran fisik dalam usahanya memperbaiki kebugaran dan mengurangi cedera. Para komandan mereka melakukan pertimbangan itu dan akan mempresentasikan penemuan mereka pada Juli 2016.

Jenderal Robert Neller, komandan korps marinir, mengatakan, "Pada akhir review, keadaan akhir bagi program kebugaran fisik korps marinir adalah yang menjamin kesehatan dan kebugaran keseluruhan bagi korps kami."

Angkatan bersenjata Kanada sudah melakukan hal ini dan menghilangkan sit up. Prajurit saat ini berlatih mengangkat karung pasir seberat 22 kg.

Stuart McGill, profesor biomekanik tulang belakang dari University of Waterloo di Kanada, mengatakan, lusinan studi membuktikan sit up dapat menekan ruas-ruas di tulang belakang.

Selama bertahun-tahun tekanan di ruas tulang belakang menekan saraf. Hal ini menyebabkan nyeri dan dapat mendatangkan terjadinya hernia.

Pete McCall, juru bicara American Council on Exercise, mengatakan, sit up adalah olahraga antik yang paling baik ditaruh di keranjang sampah sejarah kebugaran.

Tony Horton, pencipta seri video olahraga P90X yang popular, mengatakan telah melarang crunches dan sit up juga.

Ia berkata, "Saya benar-benar percaya bahwa crunch tradisional dan antik sudah melewati masa-masanya yang indah dan saat ini kita harus membuat perubahan."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com