Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2015, 11:15 WIB
KOMPAS.com - Menggunakan lensa kontak berwarna menjadi pilihan banyak orang yang senang bereksperimen dengan penampilannya.

Bila dalam pesta Tahun Baru nanti Anda berencana tampil beda dengan memakai lensa kontak, ketahui apa saja yang perlu diketahui agar penggunaan lensa kontak  tidak sampai merusak kesehatan mata.

- Saran profesional
Walau lensa kontak berwarna yang Anda pakai bukan untuk mengoreksi penglihatan, jangan pernah menganggap softlens tersebut seperti mainan, namun seperti alat medis.

Untuk itulah Anda perlu saran profesional, dalam hal ini dokter untuk menentukan jenis yang tepat.

"Jika Anda memakai lensa kontak yang terlalu ketat atau lengkungannya terlalu pendek, lensa tersebut bisa menempel dan menyebabkan iritasi. Kondisi itu juga bisa mengundang bakteri penyebab infeksi," kata Dr.Steven Shanbom, dokter spesialis mata.

- Pilih merek terpercaya
Berbagai jenis lensa kontak berwarna bisa kita temukan di supermarket atau mal. Namun pilihlah produk keluaran merek terpercaya.

Masalah yang sering timbul pada merek yang kurang terkenal adalah mereka membuat lensa kontak dengan ukuran untuk semua. Padahal, ukuran kornea mata berbeda-beda.

Seperti halnya tak semua sepatu bisa cocok ke setiap jenis kaki, demikian pula bola mata kita membutuhkan lensa yang tepat. Penggunaan lensa kontak yang tidak pas bisa menyebabkan iritasi, infeksi, bahkan kebutaan jika infeksinya tidak terkontrol.

- Rawat dengan baik
Satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah perawatannya. Setiap lensa kontak memiliki tanggal kadaluarsa yang harus diganti dengan yang baru.

Jangan pernah mencuci lensa kontak dengan sembarangan cairan dan pastikan tangan Anda dalam kondisi bersih saat memegangnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com