7 Keuntungan Sehat Wanita

Kompas.com - 30/12/2015, 14:07 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Wanita yang sering kali dianggap sebagai gender yang lebih lemah, ternyata punya kekuatan tersendiri dalam menghadapi berbagai risiko gangguan kesehatan. Terimakasih kepada hormon khas wanita yang memungkinkan semua itu terjadi. Inilah keuntungan sehat menjadi seorang wanita yang jarang dimilliki oleh pria.

 

1. Lebih panjang umur

Anak perempuan yang lahir tahun 2012 diperkirakan bisa hidup hingga mencapai usia 81,2 tahun, sementara anak laki-laki yang lahir di tahun yang sama, diperkirakan memiliki harapan hidup sampai usia 76,4 tahun. Demikian menurut National Center for Health Statistics.

Para peneliti tidak sepenuhnya yakin faktor apa yang menyebabkan perbedaan itu. "Mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa perempuan memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan pria," jelas Nieca Goldberg, MD, direktur medis women's heart program di Joan H. Tisch for Women's Health Center, NYU Langone Medical Center.

"Mungkin, itu karena  wanita lebih menjaga ikatan sosial dengan teman dan keluarganya. Kita tahu bahwa ikatan sosial erat hubungannya  dengan risiko penyakit jantung dan umur panjang."

 

2. Lebih tahan sakit

Anggapan bahwa pria selalu lebih tabah dalam mengatasi rasa sakit, sedangkan wanita lebih sensitif, ternyata tidak didukung oleh studi ilmiah. "Banyak penelitian mengungkapkan, bahwa wanita cenderung memiliki ambang nyeri yang lebih tinggi dibandingkan pria," kata Dr Goldberg.

Masuk akal jika dikatakan wanita lebih tahan sakit jika kita mengingat betapa berat perjuangan ibu saat mengandung dan melahirkan.  "Wanita harus mampu bertahan dengan beragam kondisi yang tidak nyaman selama kehamilan dan rasa sakit yang intens selama persalinan," kata Dr Goldberg.

 

3. Kanker di bagian  kepala dan leher lebih banyak  menyerang  pria daripada wanita

American Cancer Society memperkirakan bahwa tahun ini, ada sekitar 30.000 orang yang akan didiagnosa menderita kanker rongga mulut atau faring,  12.000 di antaranya adalah wanita.

Halaman:

Sumber Health
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X