Kompas.com - 01/01/2016, 19:05 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebagian besar dari kita memulai hari dengan menyeruput secangkir kopi. Ternyata, kopi di pagi hari itu juga baik untuk meningkatkan performa olahraga.

Atlet yang minum kopi terlihat memiliki ketahanan lebih tinggi dibandingkan yang tidak minum. Begitu penemuan studi University of Georgia.

Periset dan penulis studi tersebut, Simon Higgins mengatakan,"Kopi membantu atlet karena kopi adalah minuman dengan bahan alami. Ada potensi dengan mengasup kafein dari kopi memiliki manfaat ketahanan sama dengan mengonsumsi pil kafein."

"Kopi adalah sumber kafein populer. Penelitian kami melihat pada riset seputar manfaat ergogeniknya," imbuhnya.

Peneliti mencatat dalam sembilan percobaan antara tiga dan tujuh miligram per kilogram berat badan kafein dari kopi ternyata meningkatkan ketahanan sampai rata-rata 24 persen.

Jumlah kafein dalam secangkir kopi bervariasi antara 75 sampai 150 mg, bergantung pada bagaimana biji kopi dipanggang dan dibuat minuman. Jumlah kafein pun bergantung pada varietasnya.

Dalam sembilan percobaan, peserta penelitian bersepeda atau lari setelah minum kopi. Sesudah itu, mereka berolah raga dengan giat dengan hasil yang terekam. Sebagian besar atlet ketahanannya "meningkat cukup banyak" setelah minum kopi.

Studi pun menyimpulkan, kafein dari kopi memiliki manfaat ergogenik yang meningkatkan kinerja fisik.

Tetapi, masih dibutuhkan riset lebih banyak untuk menginvestigasi penggunaan kafein dari kopi sebagai tandingan terhadap penggunaan kafein murni.

Higgins mengatakan,"Riset mengenai kopi sebagai sumber kafein masih kurang. Namun, ada banyak riset mengenai kafein murni. Mengejutkan betapa sedikit kita tahu mengenai kafein dari kopi yang dalam hal efek ketahanan tubuh sama manfaatnya dengan kafein murni."

Halaman:

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X