10 Manfaat Sehat Berjalan bagi Tubuh

Kompas.com - 04/01/2016, 09:57 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sarah Kuzch, seorang pelatih fitness bersertifikat telah mencoba berbagai latihan mulai dari Cross fit hingga Zumba. Namun, menurutnya olahraga yang paling sempurna adalah berjalan.

"Saya mendapatkan banyak manfaat dari berjalan yang tidak bisa saya dapat dari rutinitas olahraga lain yang lebih intens," katanya. Berikut manfaat berjalan yang bisa dirasakan tubuh menurut Sarah.

 

1. Kejernihan mental dan keseimbangan emosional

Anda tentu pernah merasakan menghadapi hari yang buruk, yang terkadang bahkan tak jelas apa penyebabnya. Cara termudah untuk memperbaikinya adalah bangun dan keluarlah untuk berjalan.

Dalam waktu 15 menit, pikiran akan kembali fokus dan “hari yang buruk” akan segera menghilang.

“Saya ingat bahwa tidak ada sesuatu yang perlu dipikirkan secara berlebih. Ketika saya sedang berjalan-jalan, saya bisa menyelesaikan masalah, tidak ada hambatan yang terlalu sulit untuk diatasi,” jelas Kuzch.

 

2. Kreativitas

Saat berjalan-jalan, pikiran akan lebih rileks sekaligus “berkeliaran”. Selain itu Anda pun dapat memerhatikan orang dan pemandangan sekitar. Ini bisa merangsang munculnya pemikiran baru dan membantu mengakses ide-ide yang ada di dalam kepala.

 

3. Pemulihan

“Selama bertahun-tahun, karir saya berdampak tinggi bagi tubuh saya karena pekerjaannya menuntut fisik. Berjalan merupakan waktu istirahat dari hal-hal tersebut dan juga memberi latihan yang saya inginkan. Saya ingat ketika tubuh saya terasa tidak enak dan saya tetap berencana untuk berlari. Tubuh saya mengatakan tidak, sehingga saya memilih untuk berjalan,” ujar Kuzch.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X