Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2016, 13:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com – Banyak sekali manfaat olahraga bagi kesehatan yang sudah kita ketahui. Mulai dari mencegah obesitas, diabetes, hingga mencegah penyakit jantung. Tapi, ternyata, olahraga juga bermanfaat untuk menyehatkan usus dan otak.

Tim peneliti dari Universitas Colorado-Boulder mengungkapkan, olahraga dapat meningkatkan beragam bakteri baik dalam sistem pencernaan. Dalam penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Immunology and Cell Biology, mereka menemukan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan sedini mungkin, dapat mengubah mikroba usus menjadi lebih baik dan membantu mengoptimalkan kesehatan otak.

“Latihan fisik memengaruhi banyak aspek kesehatan, mulai dari metabolisme dan mental. Saat ini, mulai melihat plastisitas mikroba usus,”ujar Monika Fleshner, seorang peneliti senior dari Departemen CU-Boulder.

Peneliti menjelaskan, dalam usus manusia penuh dengan triliunan mikroorganisme. Organisme tersebut sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh manusia dan memengaruhi beberapa fungsi saraf. Menurut peneliti, hal ini sangat berpengaruh pada fisiologi manusia.

Dalam penelitian yang dilakukan, rutin berolahraga juga akan meningkatkan jumlah bakteri probiotik. Bakteri ini sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan, antara lain membantu mencerna makanan dalam usus, mencegah peradangan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Fleshner menjelaskan, mikroba yang sehat ternyat berkaitan dengan fungsi otak yang sehat, bahkan memberikan efek antidepresan. Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa otak manusia merespon sinyal mikroba di usus.

Penelitian lebih lanjut akan dilakukan untuk melihat bagaimana mikroba dapat mempengruhi fungsi otak lebih lama. Jadi, tak ada lagi alasan untuk tidak berolahrga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com