Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2016, 18:11 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Cuaca yang tidak menentu, kadang panas terik, kadang hujan lebat, membuat banyak orang terserang flu dan batuk. Meski bukan jenis penyakit berat, tapi flu yang disertai batuk sungguh sangat mengganggu aktivitas dan membuat tidur Anda terganggu.

Nenek moyang kita, telah sejak lama menyusun resep obat-obatan tradisional untuk mengatasi segala keluhan batuk, tenggorokan gatal, batuk, dan sesak napas yang disebabkan saluran pernapasan tertutup dahak. 

Setelah diteliti, ternyata resep nenek moyang tersebut ternyata memang terbukti keampuhannya.  Berikut lima resep obat batuk tradisional yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

 

1. Satu sendok makan madu

Studi yang dilakukan oleh Penn State College of Medicine, menemukan bahwa madu bekerja lebih efektif melenyapkan batuk lebih dari obat yang dijual bebas di pasaran. 

Madu dapat menenangkan iritasi pada tenggorokan. Enzim yang dihasilkan lebah ketika mereka memanen madu, juga bersifat antibakteri dan mampu mempersingkat masa sakit batuk Anda.

Sebagai obat batuk, madu bagus untuk anak dan dewasa. Tapi, tidak disarankan memberi madu pada anak di bawah usia dua tahun. Madu diketahui berpotensi mengandung spora suatu bakteria, yaitu Clostridium botulinum. Nah, kuman atau bakteri ini memroduksi suatu toksin (zat beracun) yang bisa menyebabkan botulisme pada bayi. 

Penyakit ini sangat serius, meski kejadiannya jarang dan bisa menyebabkan kematian. Spora bakteri di atas dapat menuyebabkan kelumpuhan otot, bayi diare atau susah BAB, terus menangis, lesu dan tidak mampu menyusu.

Untuk orang dewasa, minum satu sendok makan madu sebanyak satu sampai tiga kali sehari, Untuk anak-anak, sesuaikan dosisnya atau cukup satu sendok teh saja.

 

2. Teh akar tanaman licorice

Akar licorice memiliki ekspektoran dan penawar rasa sakit, sekaligus menipiskan mukosa yang memberatkan pernapasan.  Licorice juga mampu menghambat enzim 11beta-hidroksisteroid dehidrogenase.

Enzim ini mengatur akses glukokortikoid (sejenis hormon steroid) pada reseptor steroid, dengan cara memperlambat konversi kortisol ke kortison, yang akhirnya menimbulkan efek antiradang. Obat batuk dari licorice tidak dianjurkan untuk mereka yang punya masalah ginjal.

Rebus dua sendok makan kering akar licorice bersama dengan delapan ons air selama 10-5 menit lalu bagi dua untuk diminum pagi dan sore atau malam hari.

 

3. Berkumur dengan air garam

Air garam dapat meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh batuk.  Ketika konsentrasi garam di luar sel lebih tinggi dari konsentrasi di  dalam selaput lendir,  air akan mengalir keluar dari sel untuk menyeimbangkan semuanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com