Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2016, 19:00 WIB
KOMPAS.com - Kesadaran para pria pembeli seks untuk melindungi dirinya dari infeksi menular seksual ternyata lebih rendah pada kelompok pria berusia lanjut.

Menurut hasil penelitian di Amerika Serikat, para pria "hidung belang" berusia 60-an lebih malas menggunakan kondom saat berhubungan seksual.

Penelitian itu dilakukan terhadap 208 pria berusia 60-84 tahun yang mengaku mereka menggunakan jasa pekerja seks. Seluruh pria itu disurvei tentang penggunaan kondom dan risiko infeksi menular seksual.

Hampir 60 persen mengatakan mereka tak selalu memakai kondom, sementara 95 persen mengaku menghindari penggunaan pelindung untuk masturbasi manual, dan 95 persen tak mau memakai kondom untuk seks oral.

Makin tua usia responden, makin rendah kesadaran mereka memakai kondom. Padahal, pada kelompok tersebut mereka banyak yang terdiagnosis menderita infeksi menular seksual.

"Para tenaga kesehatan seharusnya tidak berasumsi bahwa usia lanjut adalah halangan untuk membeli jasa seks," kata peneliti dalam laporannya.

Beberapa studi sebelumnya juga mengungkapkan bahwa pria berusia paruh baya dan usia lanjut tetap aktif secara seksual.

Sekitar 31 persen pria dan 20 persen wanita berusia di atas 50 tahun mengatakan rutin melakukan aktivitas seksual, mulai dari berciuman sampai saling merangsang.  Sementara itu 54 persen pria dan 31 persen wanita menjawab berhubungan seks dua kali dalam sebulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com