Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermain dengan Mainan Tradisional Bikin Bayi Cepat Bicara

Kompas.com - 11/01/2016, 16:00 WIB
KOMPAS.com - Membiarkan bayi bermain dengan mainan tradisional akan membantunya lebih cepat berbicara dan memiliki kosa kata yang banyak.

Mainan tradisional seperti puzzle dari kayu, balok, buku, atau bentuk-bentuk lainnya lebih disarankan dibandingkan dengan mainan elektronik.

Mainan elektronik untuk bayi dan balita yang memproduksi cahaya, kata-kata, dan juga lagu, justru bisa mengurangi kuantitas dan kualitas bahasa anak dibandingkan mainana radisional.

Kesimpulan tersebut dihasilkan dari penelitian yang dilakukan tim dari Northern Arizona University, AS. Mereka melakukan percobaan terkontrol yang melibatkan 26 orangtua dengan anak bayi berusia 10-26 bulan.

Para partisipan diberikan tiga set mainan; mainan elektronik (laptop bayi, mainan ponsel, dan pertanian yang bisa mengeluarkan suara), mainan tradisional (puzzle dari kayu, balok karet bergambar, dan mainan geometri), serta lima papan buku dengan hewan ternak, bentuk, atau tema warna.

Ketika bermain dengan mainan elektronik, orang dewasa lebih sedikit mengajak anak berbicara, lebih sedikit memberi respon, serta lebih sedikit melakukan komunikasi dua arah. Sebaliknya saat anak diberikan mainan tradisional atau buku.

"Untuk meningkatkan komunikasi dan interaksi antara orangtua dan bayinya, mainan tradisional atau membaca buku sangat tepat," tulis para peneliti dalam laporannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com