Kompas.com - 17/01/2016, 16:55 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Para ahli mengatakan, seporsi wrap seringkali mengandung lebih banyak bahan makanan olahan dan tinggi kalori ketimbang dua potong roti panggang isi.

Menariknya, menurut Carrie Jennis, seorang ahli diet dan kesehatan bersertifikat di New York City, karena ukuran yang tipis, banyak orang cederung menganggap bahwa wrap lebih sehat ketimbang sandwich, sehingga menjadi pilihan makan siang sehat yang praktis. Padahal, wrap sebenarnya mengandung lebih banyak kalori ketimbang sandwich.

Rata-rata wrap di pasaran memang mengandung 210 kalori, namun bila wrap dihadirkan dengan isian salad tuna atau salad potongan ayam goreng, kalorinya bisa melonjak hingga 400 kalori. Sedang sandwich dengan dua tangkup roti dan isian lengkap hanya mengandung sekitar 240 kalori.

“Masalahnya ada pada ukuran. Wrap yang dijual di pasaran cenderung lebih besar ketimbang sandwich. Bahkan, beberapa dijual dengan ukuran sebesar Frisbee. Semakin besar wrap maka akan semakin banyak isiannya, kalori pun akan semakin bertambah,” tambah Lori Zanini, seorang ahli diet dan juru bicara Academy of Nutrition & Dietetics.

Lori melanjutkan, selain wrap mengandung lebih banyak kalori dan karbohidrat ketimbang satu lembar roti berukuran reguler, wrap mengandung lebih banyak minyak terhidrogenasi.

Minyak terhidrogenasi yang umumnya dikenal sebagai lemak trans, akan sangat tidak baik untuk kesehatan Anda.

Namun, perlu ditekankan bahwa sandwich yang sehat ialah sandwich yang terbuat dari setangkup roti gandum. Ini berarti bahwa Anda telah memperoleh serat, mineral, serta nutrisi dari gandum yang tak Anda temukan dalam seporsi wrap.

Bila ingin sandwich yang lebih sehat, tentu Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah dengan pilihan bahan sesuai dengan selera dan perhitungan kalori yang ingin Anda capai.

“Jadi, Anda tidak perlu lagi menghapus daftar sandwich untuk pilihan makan siang praktis. Bagaimana pun, rasa dari setangkup roti pada sandwich cenderung lebih nikmat dan memuaskan ketimbang wrap yang tipis dan dingin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.