Kompas.com - 18/01/2016, 10:13 WIB
Ilustrasi googleIlustrasi
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Nada-nada yang diatur indah dalam sebuah musik memiliki efek yang besar bagi kita. Harmoni suara ini bisa menjadi media penyembuhan, mengusir kecemasan, menenangkan, hingga mendongkrak semangat.

Manusia adalah makhluk yang menyukai musik. Demikian menurut Teresa Lesiuk, Ph.D, asisten profesor terapi musik dari Universitas Miami.

"Sepertinya manusia memang sudah terpatri dengan musik. Kita siap untuk menikmati dan berinteraksi dengannya," kata Lesiuk.

Di zaman modern ini kita juga terpapar musik lebih banyak dari sebelumnya. Hal itu sebenarnya dapat kita manfaatkan untuk mengubah kondisi fisik menjadi lebih baik.

- Bangun tidur
Musik dengan ritme yang menghentak bisa menjadi penyemangat Anda di pagi hari. Musim tersebut, menurut Daniel Levitin, profesor psikologi, memicu proses di otak yang disebut penyebaran aktivasi.

Penelitian di Jepang juga menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik setelah bangun tidur tidak gampang mengantuk.

- Menyetir
Jika Anda hampir setiap hari harus menyetir kendaraan ke tempat beraktivitas hampir pasti Anda akan menyetel musik, apalagi kalau hanya sendirian di dalam kendaraan.

Penelitian di Australia menyimpulkan, kesunyian sebenarnya kurang ideal saat menyetir mobil karena bisa membuat pikiran kita melayang ke mana-mana.

Pilihlah musik yang meningkatkan rasa awas atau waspada, sekaligus menjaga kecepatan kendaraan. Musik yang cocok adalah musik dengan tempo yang tidak terlalu cepat. Semakin cepat tempo musik, makin tidak aman cara kita berkendara.

- Bekerja produktif
Menurut sejarah, musik telah lama dipakai dalam pekerjaan fisik manusia untuk membangkitkan semangat kerja. Tetapi, apakah musik juga memiliki efek yang sama bagi para pekerja kerah putih?

Halaman:

Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X