Kompas.com - 18/01/2016, 18:35 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com- Kurang minum air putih hingga menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kurang minum sebenarnya memberikan sinyal rasa haus. Tapi, jika Anda tidak segera minum, maka berbagai efek kesehatan bisa mengganggu tubuh Anda. Berikut 10 akibat dehidrasi seperti dikutip dari Health.com.

1. Bau mulut
Kesibukan bisa membuat Anda lupa minum air putih. Hati-hati, tanpa Anda sadari, kurang minum bisa menyebabkan bau mulut. 

Dokter gigi Marshall Young dari Newport Beach, California menjelaskan, ketika dehidrasi, produksi air liur akan menurun. Padahal, air liur memiliki sifat antibakteri yang penting bagi kesehatan mulut.

"Kurangnya air liur di mulut memungkinkan bakteri untuk berkembang, sehingga bau mulut," kata Marshall.

2. Ingin makan manis
Keinginan konsumsi makanan manis, seperti tinggi gula bisa meningkat pada orang yang mengalami dehidrasi. Namun, hal ini biasanya terjadi setelah berolahraga.

Ahli diet dan olahraga Amy Goodson menjelaskan, ketika olahraga, tubuh akan mengeluarkan cairan lebih banyak dan menggunakan glikogen dalam tubuh sebagai energi.

Dengan begitu, tubuh akan kembali menbutuhkan karbohidrat yang akan diubah menjadi glikogen.

3. Kulit kering
Menurut dokter kulit dari California Anne Marie Tremain, minum cukup air sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit sehat dan bercahaya.

Menurut Anne, kebutuhan air putih pun disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. Saat berolahraga atau saat banyak minum kopi, sebaiknya minum banyak air putih. Sebab, kopi yang mengandung kafein bersifat diuretik, yang bisa menyebabkan dehidrasi.

4. Kurang konsentrasi saat mengemudi
Banyak orang takut minum air putih ketika sedang mengemudi dalam perjalanan jauh. Mereka takut tiba-tiba ingin buang air kecil dan sulit mencari toilet. Risikonya, Anda justu mengalami dehidrasi jika tidak minum. Menurut penelitian, dehidrasi saat berkendara bisa mengurangi konsentrasi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.