Kompas.com - 22/01/2016, 15:57 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Banyak dari wanita yang enggan menyusui bayi mereka hanya karena takut payudara menjadi kendur, sehingga lebih memilih menyusui menggunakan botol atau susu formula. Padahal, menyusui tak hanya baik bagi kesehatan bayi, namun juga kesehatan ibu. Berikut ini adalah lima manfaat menyusui bagi kesehatan ibu:

 

1. Membakar kalori: Tubuh kita membakar hampir 20 kalori untuk membuat satu ons ASI. “Jika bayi Anda minum 19-30 ons sehari, maka sekitar 380-600 kalori akan terbakar,” kata Joy Kosak, co-pendiri Simple Wishes.

 

2. Menangkal penyakit: Sebuah penelitian menemukan, semakin lama wanita menyusui, semakin dilindungi terhadap beberapa jenis kanker, seperti kanker ovarium dan payudara. Menyusui juga dapat berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan osteoporosis.

 

3. Terhindar stres pasca-melahirkan: Kosak mengatakan, perempuan yang berhenti menyusui dini atau tidak menyusui sama sekali berada pada risiko lebih tinggi terkena depresi pasca-melahirkan dibandingkan dengan ibu menyusui.

 

4.Mengecilkan rahim: Menyusui membantu mengecilkan rahim kembali ke ukuran semula sebelum kehamilan. “Ketika menyusui bayi, tubuh wanita akan mengeluarkan hormon dalam dosis besar, yakni oksitosin.

Oksitosin atau "ikatan" hormon seperti itu umumnya dikenal mengirimkan perasaan relaksasi dan euforia ke otak,” ucap Elisabeth Dale, penulis buku “Boobs: a Guide to your Girls”.

 

5. Melindung bayi dari berbagai penyakit: Selain baik bagi kesehatan ibu, tentu menyusui dengan ASI baik bagi bayi. ASI mengandung semua vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk enam bulan pertama kehidupan bayi. Bersama dengan zat pelawan penyakit yang dirancang untuk melindungi si kecil dari obesitas, diabetes, asma, dan penyakit lainnya.

 

“Selain itu, ASI terbukti membantu melindungi bayi dari alergi dan membantu mengurangi risiko infeksi,” kata Kosak.

Bahkan, menurut American Academy of Pediatrics, bayi yang diberi ASI memiliki 50 hingga 95 persen terhindar infeksi dibandingkan bayi yang tidak diberi ASI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.