Makanan Lintas Benua yang Menyehatkan

Kompas.com - 28/01/2016, 14:27 WIB
Ilustrasi Tzatziki. Ilustrasi Tzatziki.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Makan yang benar tidak berarti harus menu yang sama untuk semua orang. Dietary Guidelines 2015 menyebutkan, pola makan sehat bisa diadaptasi dan disesuaikan dengan sosio-kultural masing-masing individu dan pilihan personal.

Jadi, selain makanan tradisional khas Indonesia, Anda juga  bisa icip-icip makanan dari negara-negara lain. Panduan dasarnya: setengah dari piring Anda terdiri dari sayur dan buah. Sisanya, protein seperti daging sapi rendah lemak, dada ayam tanpa kulit, makanan laut, dan sumber karbohidrat dari biji-bijian atau kacang-kacangan.

 

Contoh makanan sehat dari berbagai negara di dunia adalah:

Cina

Ayam tumis dengan sayur bokcoy, kacang polong atau kacang merah, wortel, tauge, beras merah dan penutup buah leci.

Italia

Minestrone, sup sayur kuah tomat dan pasta. Di dalamnya terdapat kacang merah sebagai sumber folat, serat dan protein gnocchi (semacam kulit pangsit dari terigu atau kentang) dengan potongan sayur bayam dimasukkan ke dalam saus tomat sumber likopen.

Yunani

Saus Tzatziki (terbuat dari yogurt rendah lemak,bawang putih dan mentimun). Nikmati bersama sandwich pita atau sebagai cocolan sayur. Lengkapi dengan Dolmas (terbuat dari daun anggur, daging cincang, paprika, terong dan labu, beras, buah kering dan kacang pinus).

Meksiko

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X