Cukup Dua Langkah Membebaskan Pegal-pegal di Kantor!

Kompas.com - 31/01/2016, 06:19 WIB
Seempuk atau senyaman apa pun kursi yang ditempati di kantor, rasa pegal pasti datang menyerang setelah duduk seharian di depan layar komputer. ThinkstockSeempuk atau senyaman apa pun kursi yang ditempati di kantor, rasa pegal pasti datang menyerang setelah duduk seharian di depan layar komputer.
|
EditorLatief


KOMPAS.com – Tak peduli seempuk atau senyaman apa pun kursi yang ditempati di kantor, rasa pegal pasti datang menyerang setelah duduk seharian di depan layar komputer. Keram leher, bahu pegal, atau kaki kesemutan, misalnya, bisa kerap hinggap.

Memang, beberapa jenis pekerjaan menuntut orang berlama-lama duduk di kursi kantor. Sebutlah seorang akuntan, misalnya. Hitunglah dalam satu hari kerja, profesi ini membuat seseorang tak banyak bergerak setidaknya selama delapan jam. Terlebih jika pekerjaannya menumpuk, lembur tak bisa dihindari.

Padahal, tubuh manusia tidak dirancang bisa duduk diam selama berjam-jam. Duduk terlalu lama dapat berdampak buruk terhadap kemampuan tubuh mengelola kadar gula, tekanan darah, dan memperlambat metabolisme tubuh. Risiko kegemukan pun mulai mengintai.

Namun, orang berpostur ramping bukan berarti bisa tenang-tenang saja. Bahkan, pada seseorang yang tak bermasalah dengan berat badan, kurang aktif bergerak juga bisa jadi persoalan.

Kurang gerak merupakan salah satu penyebab osteoporosis atau penurunan massa tulang. Karena itulah, sepadat apapun pekerjaan dan kegiatan Anda, olahraga jangan pernah dilupakan. Beberapa gerakan latihan otot ringan juga bisa dengan mudah dilakukan tanpa meninggalkan area kerja.

Peregangan

Sebelum memulai gerakan-gerakan latihan otot, Anda sebaiknya melakukan peregangan terlebih dulu guna menghindari cedera otot. Ingat, gerakan sederhana jika dilakukan tanpa pertimbangan pun bisa berakibat fatal bagi tubuh.

Sambil duduk, peregangan bisa diawali dari jemari tangan dan pergelangan kaki Anda. Buat gerakan melingkar yang terpusat pada pergelangan tangan dan mata kaki, secara terpisah. Setelah itu lanjutkan ke peregangan otot leher dengan cara berurutan menarik leher ke arah dada, ke atas, kiri, dan kanan, secara perlahan.

Kemudian, kaitkan jemari kedua tangan dan tarik lurus ke atas selama 30 detik. Dengan tangan masih berkaitan, arahkan tangan ke sisi kiri dan kanan selama masing-masing 10 detik. Lakukan hal sama untuk posisi tangan berkaitan ke depan, lalu ke belakang.

Untuk melemaskan otot pundak, putar pundak dan angkat ke arah telinga sambil menarik napas panjang. Buang napas perlahan sambil menurunkan pundak ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak tiga kali.

Latihan otot

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X