Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2016, 06:19 WIB
Adhis Anggiany Putri S

Penulis


KOMPAS.com – Tak peduli seempuk atau senyaman apa pun kursi yang ditempati di kantor, rasa pegal pasti datang menyerang setelah duduk seharian di depan layar komputer. Keram leher, bahu pegal, atau kaki kesemutan, misalnya, bisa kerap hinggap.

Memang, beberapa jenis pekerjaan menuntut orang berlama-lama duduk di kursi kantor. Sebutlah seorang akuntan, misalnya. Hitunglah dalam satu hari kerja, profesi ini membuat seseorang tak banyak bergerak setidaknya selama delapan jam. Terlebih jika pekerjaannya menumpuk, lembur tak bisa dihindari.

Padahal, tubuh manusia tidak dirancang bisa duduk diam selama berjam-jam. Duduk terlalu lama dapat berdampak buruk terhadap kemampuan tubuh mengelola kadar gula, tekanan darah, dan memperlambat metabolisme tubuh. Risiko kegemukan pun mulai mengintai.

Namun, orang berpostur ramping bukan berarti bisa tenang-tenang saja. Bahkan, pada seseorang yang tak bermasalah dengan berat badan, kurang aktif bergerak juga bisa jadi persoalan.

Kurang gerak merupakan salah satu penyebab osteoporosis atau penurunan massa tulang. Karena itulah, sepadat apapun pekerjaan dan kegiatan Anda, olahraga jangan pernah dilupakan. Beberapa gerakan latihan otot ringan juga bisa dengan mudah dilakukan tanpa meninggalkan area kerja.

Peregangan

Sebelum memulai gerakan-gerakan latihan otot, Anda sebaiknya melakukan peregangan terlebih dulu guna menghindari cedera otot. Ingat, gerakan sederhana jika dilakukan tanpa pertimbangan pun bisa berakibat fatal bagi tubuh.

Sambil duduk, peregangan bisa diawali dari jemari tangan dan pergelangan kaki Anda. Buat gerakan melingkar yang terpusat pada pergelangan tangan dan mata kaki, secara terpisah. Setelah itu lanjutkan ke peregangan otot leher dengan cara berurutan menarik leher ke arah dada, ke atas, kiri, dan kanan, secara perlahan.

Kemudian, kaitkan jemari kedua tangan dan tarik lurus ke atas selama 30 detik. Dengan tangan masih berkaitan, arahkan tangan ke sisi kiri dan kanan selama masing-masing 10 detik. Lakukan hal sama untuk posisi tangan berkaitan ke depan, lalu ke belakang.

Untuk melemaskan otot pundak, putar pundak dan angkat ke arah telinga sambil menarik napas panjang. Buang napas perlahan sambil menurunkan pundak ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak tiga kali.

Latihan otot

Dalam posisi duduk tegak, luruskan kedua tangan ke depan hingga telapak tangan bertumpu pada meja kerja. Setelah itu, angkat kedua kaki dari lantai.

Kemudian, putar tubuh bergantian ke kanan dan kiri sebanyak 10 kali. Latihan ini sangat baik untuk membakar lemak dan mengencangkan otot perut.

Sekarang, waktunya beranjak dari atas kursi. Berdirilah tegak sembari salah satu tangan bertumpu pada meja kerja. Bila tangan kiri Anda yang bertumpu di meja, maka ayunkan kaki kanan ke samping setinggi sekitar 45 derajat.

Lakukan kebalikannya masing-masing sebanyak 20 kali. Latihan ini bertujuan untuk membentuk otot paha.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com