Kompas.com - 01/02/2016, 19:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com – Sejak kecil Candra Wahyu Aji (16) bercita-cita menjadi pemain bola profesional. Namun, ia harus menerima kenyataan pahit karena salah satu kakinya, modalnya sebagai pemain bola, harus diamputasi akibat kanker tulang yang dideritanya.

Candra masih ingat betul bagaimana penyakitnya itu bermula. Ketika itu ia mengalami cedera lutut saat mengikuti turnamen sepak bola di pertengahan tahun 2012.

"Setelah kejadian itu lama-lama kaki saya bengkak. Setelah diurut pun bukannya kempis malah tambah besar bengkaknya," kata siswa SMK Putra Satria Jakarta ini.

Hasil pemeriksaan rontgen di RSUD Fatmawati menunjukkan ada retak pada lututnya. Dokter lalu memintanya melakukan pemeriksaan lanjutan sampai akhirnya diketahui ia mengalami radang tulang.

Setelah dilakukan biopsi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, dokter mendiagnosis Candra menderita kanker tulang ganas. Ia pun harus menjalani kemoterapi sampai beberapa kali.

Yang paling membuatnya merasa sedih dan frustasi adalah ketika dokter terpaksa mengamputasi kaki kanannya sampai pangkal paha.

"Saya terus menangis, depresi, dan marah-marah tidak jelas," kata remaja yang sering dipasang di posisi gelandang saat bermain bola ini.

Berkat dukungan dari keluarga, terutama ibunya, akhirnya Candra mulai bangkit dari rasa terpuruknya.

Remaja yang mengidolakan gelandang Timnas Indonesia, Ahmad Bustomi, ini mengakui, dukungan dari keluarga dan teman-temannya sangat membantu menaikkan rasa percaya dirinya.

"Teman-teman sangat mendukung. Mereka tetap mengajak bermain bola tanpa membicarakan penyakit saya sehingga beban pikiran pun hilang," ujarnya saat ditemui dalam perayaan Tahun Baru Bersama Pasien Kanker di Sekretariat Yayasan Pelayanan Kasih Jakarta (30/1/16).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.