Kompas.com - 04/02/2016, 20:11 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri RI mencatat bahwa tidak ada warga negara Indonesia yang terinfeksi virus Zika di Brasil.

"Berdasarkan informasi dari Kedutaan Besar RI di Brazil, saat ini tidak ada WNI yang terinfeksi virus Zika," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Armanatha Nasir, di kantor Kemenlu, Kamis (4/2/2016).

Saat ini ada 345 WNI di Brazil. Sebagian besar dari mereka tinggal di Kota Sao Paulo dan Rio de Janeiro.

Terkait penyebaran virus Zika di beberapa negara Eropa dan Amerika Latin, Armanatha Nasir memastikan tidak ada kebijakan soal travel warning.

Meski demikian, Kemenlu memberikan imbauan kepada WNI yang akan bepergian ke negara-negara-negara endemik Zika untuk tetap waspada.

Rabu (3/2/2016) kemarin, Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek juga memberikan travel advisory kepada WNI yang hendak berkunjung ke negara yang sedang terjangkit virus Zika.

Nila menganjurkan agar WNI menghindarkan diri dari gigitan nyamuk dengan cara memakai pakaian panjang dan tertutup, menggunakan obat oles anti nyamuk dan tidur menggunakan kelambu atau dalam kamar dengan kawat kassa anti nyamuk.

Kementerian Kesehatan akan meningkatkan kewaspadaan di pintu masuk negara melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di seluruh bandara dan pelabuhan di Indonesia.

Menurut data Kemenkes, negara-negara yang mengalami kejadian luar biasa virus Zika, antara lain Brasil, Cape Verde, Kolombia, El Savador, Honduras, Martinique, Panama, dan Suriname.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.