Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2016, 20:11 WIB
Kristian Erdianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri RI mencatat bahwa tidak ada warga negara Indonesia yang terinfeksi virus Zika di Brasil.

"Berdasarkan informasi dari Kedutaan Besar RI di Brazil, saat ini tidak ada WNI yang terinfeksi virus Zika," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Armanatha Nasir, di kantor Kemenlu, Kamis (4/2/2016).

Saat ini ada 345 WNI di Brazil. Sebagian besar dari mereka tinggal di Kota Sao Paulo dan Rio de Janeiro.

Terkait penyebaran virus Zika di beberapa negara Eropa dan Amerika Latin, Armanatha Nasir memastikan tidak ada kebijakan soal travel warning.

Meski demikian, Kemenlu memberikan imbauan kepada WNI yang akan bepergian ke negara-negara-negara endemik Zika untuk tetap waspada.

Rabu (3/2/2016) kemarin, Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek juga memberikan travel advisory kepada WNI yang hendak berkunjung ke negara yang sedang terjangkit virus Zika.

Nila menganjurkan agar WNI menghindarkan diri dari gigitan nyamuk dengan cara memakai pakaian panjang dan tertutup, menggunakan obat oles anti nyamuk dan tidur menggunakan kelambu atau dalam kamar dengan kawat kassa anti nyamuk.

Kementerian Kesehatan akan meningkatkan kewaspadaan di pintu masuk negara melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di seluruh bandara dan pelabuhan di Indonesia.

Menurut data Kemenkes, negara-negara yang mengalami kejadian luar biasa virus Zika, antara lain Brasil, Cape Verde, Kolombia, El Savador, Honduras, Martinique, Panama, dan Suriname.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com