Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Terlalu Lama Dengarkan Musik Sedih Saat Putus Cinta

Kompas.com - 05/02/2016, 12:40 WIB
KOMPAS.com- Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk mengatasi kesedihannya saat mengalami putus cinta. Bagi banyak orang, rasa galau bisa dihilangkan dengan mendengarkan musik.

Musik yang mendayu-dayu dengan lirik sedih, dianggap bisa menggambarkan dalamnya kesedihan akibat gagalnya hubungan cinta. Lewat lirik tersebut kita juga bisa melepaskan emosi.

Mendengarkan musik yang sedih setelah putus cinta ternyata bukan hanya sekedar membiarkan diri larut dalam kedukaan, tapi juga bisa membantu kita menyingkirkan emosi sedih.

"Musik memiliki bentuk yang sama dan juga aliran yang sama seperti emosi manusia. Jenis musik seperti ini bisa mendorong seseorang yang sedang berduka untuk menangis atau mengekpresikan dengan cara yang tepat untuknya," kata ahli musikologi Kay Norton.

Penelitian tahun 2014 juga menunjukkan, mendengarkan musik melankolis setelah putus cinta bisa memberikan perasaan lega. Rasa sukacita akan timbul saat kita merasa terhubung dengan lirik tersebut dan bisa bebas berimajinasi.

Mereka juga merasakan empati dengan pemusik, sehingga merasa tidak sendirian dalam melalui kesedihan.

Menyingkirkan rasa sedih adalah langkah yang penting untuk mengatasi rasa stres atau kehilangan.  Justru jika kita tidak membiarkan emosi itu meluap kita akan menyimpan rasa sedih sehingga memunculkan emosi negatif dan membuat perasaan kehilangan semakin besar.

Walau mendengarkan lagu sedih bisa membuat perasaan lebih nyaman, tapi sebaiknya jangan terlalu lama mendengarkannya.

Begitu Anda mulai merasa lebih baik, segeralah dengarkan lagu dengan melodi yang lebih cepat dan gembira. Lagu-lagu seperti "I Will Survive" milik Gloria Gaynor bisa membuat kita lebih bersemangat untuk bangkit dari rasa sedih. Demikian juga lagu Leona Lewos "Better in Time", atau "So What" milik Pink.

Menurut Susan Winter, pakar hubungan, mendengarkan lagu-lagu Adele sebenarnya juga bisa membantu kita bangkit.

"Adele menyadari bahwa cinta merupakan hadiah yang bertahan lama. Tetapi juga lirik lagunya berisi ungkapan terima kasih dan harapan agar mantan pasangan kita berbahagia di hidupnya yang baru walau tanpa kita," kata Winter.

Berupaya untuk merasakah hikmah dari kesedihan yang kita alami juga membantu kita lebih tenang dan mudah untuk beranjak ke babak baru.  Dengan mendengarkan lagu-lagu yang positif dan gembira, kebahagiaan pun akan meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com