Kompas.com - 05/02/2016, 17:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com — Bagi orang yang percaya, setiap tanda lahir yang kita miliki di tubuh memiliki arti tertentu. Ada yang mengaitkannya dengan keberuntungan ataupun sifat-sifat tertentu.

Sejak lama para ahli belum mengetahui apa yang menyebabkan tanda lahir di tubuh. Namun, menurut penelitian, tanda lahir terjadi karena ekstra-pigmentasi, kumpulan pembuluh darah, atau tanpa penyebab apa pun.

Ada dua jenis tanda lahir, yakni pigmentasi dan vaskular. Tanda lahir pigmentasi terjadi saat pigmen sel kulit mengelompok, misalnya saja tahi lalat dan bercak kecoklatan di kulit.

Sementara itu, tanda lahir vaskular biasanya muncul di kepala atau area wajah, terjadi saat sekelompok pembuluh darah di bawah kulit saling mendekat di titik yang sama.

Kedua tipe tanda lahir ini bisa muncul di mana saja, termasuk di dalam tubuh.

Karena ada banyak tipe tanda lahir yang berbeda-beda dan juga bentuknya, para ahli belum mengetahui dengan jelas penyebab, tujuan, dan mengapa ada orang yang memiliki tanda lahir, sedangkan yang lain tidak, meski sama-sama anak kembar.

Tanda lahir juga terkait dengan sejumlah protein yang terpapar janin dalam plasenta, tetapi bagaimana mekanismenya belum jelas.

Hemangioma atau benjolan kemerahan pada kulit juga terkait dengan berat badan lahir rendah. Studi tahun 2008 menyimpulkan bahwa kekurangan oksigen di plasenta selama kehamilan menjadi penyebab terbentuknya hemangioma.

Walau tanda lahir sebagian besar tidak berbahaya, tetapi kita bisa menghilangkan tanda lahir jika mengganggu kemampuan melihat, bernapas, atau mendengar. Demikian pula halnya jika dirasa mengganggu penampilan. Biasanya dihilangkan dengan operasi laser.

Bila tanda lahir semakin besar di organ dalam atau berkembang dengan cepat, bisa diindikasikan sebagai tumor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.