Kompas.com - 07/02/2016, 19:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi
KOMPAS.com - Kebiasaan tidur dengan mulut terbuka ternyata bisa merusak gigi. Mengapa demikian? Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Rehabilitation Oral, tidur dengan mulut terbuka meningkatkan keasaman di mulut, sehingga menyebabkan risiko pengikisan enamel gigi.

Hal itu terjadi karena saat tidur dengan mulut terbuka, seseorang biasanya akan bernapas melalui mulut. Saat itu, kondisi mulut jadi mengering karena kurangnya produksi air liur.

Kurangnya air liur itulah yang menyebabkan tingginya keasaman mulut. Padahal, air liur memiliki kemampuan alami membunuh bakteri di mulut yang menghasilkan asam.

Penelitian dilakukan dengan mengukur kadar asam dalam mulut ketika seseorang bernapas lewat mulut serta membandingkannya dengan mereka yang tidur dengan mulut tertutup.

Peneliti mengungkapkan, dalam kondisi normal, tingkat pH atau keasaman dalam mulut adalah 7,7 atau netral. Namun, ketika tidur dengan mulut terbuka, pH rata-rata 6,6. Bahkan pada beberapa orang, pH menjadi 3,6 atau artinya tingkat keasaman lebih tinggi.

Tingkat keasaman yang tinggi dapat mengikis enamel gigi, sama halnya jika minum segelas jus jeruk maupun minuman bersoda sebelum tidur.

Sejumlah dokter gigi pun percaya bahwa orang yang tidur dengan mulut terbuka lebih berisiko mengalami kerusakan gigi.

Peneliti menyimpulkan, semakin tinggi tingkat keasaman, maka semakin besar risiko terjadinya erosi gigi, terjadinya karies, hingga pembusukan.

Orang yang mulutnya terbuka saat tidur, biasanya memiliki asma maupun sleep apnea obstructive atau henti napas saat tidur. Hal ini kebanyakan terjadi pada pria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.