Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/02/2016, 16:11 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Menurut sebuah penelitian terbaru yang dirilis dalam jurnal The FASEB, asupan nitrat mampu membuat darah mengalir lebih mudah untuk otot yang bekerja keras. Tak heran bila nitrat disebut-sebut memiliki khasiat yang sama dengan bubuk protein yang kerap digunakan para olahragawan maupun atlet untuk meningkatkan hasil latihan mereka.

Dan berita baiknya, untuk mendapatkan asupan nitrat, Anda tak perlu mengonsumsi suplemen buatan pabrik.

Para peneliti menilai, bit merupakan sumber yang kaya akan nitrat. Dan segelas sari buah bit bisa membuat Anda mengonsumsi dosis yang tepat untuk lebih bertenaga. Selain terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina, nitrat juga akan membantu Anda berolahraga hingga 16 persen lebih lama.

Sebuah studi terpisah yang dilakukan oleh para peneliti Kansas State University juga menemukan, menimun 70-100 ml jus bit setidaknya dua jam sebelum olahraga dapat membuat Anda lebih berenergi dan merasakan manfaat sehatnya.

Tim Church, M.D., direktur pusat pencegahan penyakit di Louisiana State University, Baton Rouge, mengatakan, “diet memang terbukti bisa menurunkan berat badan dengan cepat, namun olahraga yang cukup akan membuat berat badan tidak mudah naik kembali.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com