Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2016, 10:11 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Minyak kelapa adalah minyak yang sehat untuk dikonsumsi. Tapi tahukah Anda, bahwa minyak kelapa juga bisa untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut dan kulit.

Masker rambut
Minyak kelapa akan mencair di suhu ruang atau suhu 24,5 derajat Celcius. Gunakan miyak kelapa cair untuk masker rambut. Caranya, setelah rambut dikeramas dan dibilas, oleskan minyak kelapa ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih lima menit kemudian keramas sekali lagi menggunakan sampo. Bilas sampai bersih.

Masker rambut minyak kelapa berguna untuk menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala agar tidak kering dan berketombe.

Pelembab tubuh
Minyak kelapa yang telah dibekukan, sangat baik jika digunakan sebagai pelembap kulit. Sebelum mandi, usapkan minyak kelapa ke seluruh tubuh. Kemudian mandi dengan sabun sampai rasa licin hilang.

Campurkan beberapa tetes minyak kelapa ke losion tubuh yang biasa Anda pakai. Aplikasikan ke tangan, kaki, dan bagian tubuh yang lain.

Pelembab bibir
Simpan beberapa mililiter minyak kelapa ke dalam wadah kecil (misalnya wadah bekas lensa kontak), tutup rapat. Anda bisa membawanya ke manapun Anda pergi dan gunakan sebagai pelembap bibir di kala bibir terasa kering.

Pelembut kutikula
Oleskan sedikit minyak kelapa ke area kutikula Anda. Minyak kelapa mampu menutrisi kuku dan kulit di sekitarnya. Kuku Anda pun akan kuat, tidak mudah rapuh dan kutikula Anda lembut dan sehat.

Krim mata
Kulit di sekitar mata adalah area yang paling mudah keriput dan sedikit kelembapannya. Jaga agar area sekitar mata, terutama kulit di bawah mata tetap muda dan kencang dengan mengoleskan minyak kelapa secukupnya sambil dipijat ke arah luar dengan jari tengah dan telunjuk. Aplikasikan setiap malam sebelum tidur.

Penghapus riasan
Hangatkan satu sendok teh minyak kelapa lalu tuang ke kapas bersih, lalu usapkan ke seluruh wajah sampai riasan wajah Anda terhapus.

Setelah itu bilas dengan air hangat sampai rasa licin hilang. Selain membersihkan riasan, minyak kelapa juga akan menjaga kelembapan kulit wajah Anda sehingga Anda nampak selalu awet muda.

Lulur
Campurkan minyak kelapa dengan garam laut dengan perbandingan 1:1. Kemudian balurkan ke seluruh tubuh sambil diusap dan dipijat-pijat. Khusus untuk bagian kulit yang kasar seperti lutut dan siku, Anda bisa memperlama pijatan.

Garam laut membantu meluruhkan sel-sel kulit mati dan minyak kelapa bertugas melembapkan serta menutrisi kulit seluruh tubuh Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com