Begini Reaksi Tubuh Saat Sedang Jatuh Cinta

Kompas.com - 15/02/2016, 11:45 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Anda yang masih mengenang indahnya cinta pertama tentu ingat juga bagaimana kita seperti merasakan kupu-kupu terbang di perut atau jantung berdetak kencang saat melihat pujaan hati.

Di saat cinta bersemi, ada berbagai reaksi kimia yang dialami tubuh. Kita menjadi amat gembira, bahagia, dan tak peduli pada hal lain selain berada di dekat orang yang dicintai.

Jika Anda mengalami hal-hal berikut, berarti Anda memang benar jatuh cinta.

- Seperti kecanduan obat
Jatuh cinta ternyata menyebabkan tubuh mengalami sensasi yang mirip dengan kecanduan narkoba. Ada eforia yang terjadi akibat pelepasan hormon-hormon tertentu di otak.

Hormon dopamin, oksitosin, adrenalin,d an vasopresin, dilepaskan karena berbagai titik ketertarikan. Hormon ini juga meningkatkan ikatan dengan pasangan.

"Seperti narkoba, semakin sering Anda menghabiskan waktu bersamanya, makin kecanduan jadinya," kata Kat Van Kirk, PhD, seksolog klinis.

- Seperti mabuk
Kebanyakan menenggak alkohol bisa membuat Anda menjadi lebih berani, lebih percaya diri, dan juga agresif. Demikian pula efek dari oksitosin alias hormon cinta. Dalam penelitian terungkap bahwa alkohol dan oksitosin memiliki efek yang sama di otak.

- Pipi bersemu merah dan jantung berdetak kencang
Sebelum si dia menjemput Anda untuk kencan pertama, satu hal yang akan dirasakan adalah grogi dan cemas.

Jantung berdebar kencang dan tangan berkeringat bukan cuma disebabkan karena Anda grogi tapi juga rangsangan dari adrenalin dan norepinephrine. Kondisi ini bisa membuat Anda mengalami sensasi hanya fokus pada orang spesifik.

- Bola mata membesar
Saat Anda tertarik pada seseorang, ada stimulasi di sistem saraf simpatetik yang menyebabkan mata membesar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber CNN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X