Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi dengan ASI Perlu Asupan Vitamin D Setelah 1 Tahun

Kompas.com - 22/02/2016, 15:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Meski begitu, peneliti menemukan, setelah bayi mendapatkan makanan padat pertama mereka, atau usia mereka sudah melebihi 1 tahun, ada kemungkinan besar bayi memerlukan asupan vitamin D tambahan.

Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi dan terus dilanjutkan hingga tahun kedua dengan makanan padat pendamping.

Namun, melewati masa ASI eksklusif selama 6 bulan, peneliti menilai ASI tidak lagi memberikan cukup vitamin D, sehingga Canadian Paediatric Society , bahwa anak-anak yang masih diberi ASI hingga 1 tahun lebih perlu mengambil suplemen yang mengandung 400 Unit Internasional vitamin D setiap hari selama tahun pertama kehidupan.

"Kami tidak mengatakan bahwa ASI bukanlah sumber gizi terbaik, sayangnya, tidak semua ASI memiliki kandungan vitamin D yang cukup, terlebih untuk para ibu dan bayi yang tinggal di daerah dengan paparan sinar matahari yang kurang," kata penulis studi Dr. Jonathon Maguire, seorang dokter anak dan peneliti di Rumah Sakit St Michael di Toronto.

Maguire dan rekan peneliti mempelajari kadar vitamin D pada anak-anak yang diberi ASI melebihi 1 tahun. Mereka menggunakan data dari sekitar 2.500 anak sehat yang berusia 1 sampai 5 tahun di Toronto.

Para ibu juga diminta melaporkan berapa lama anak mereka telah diberikan ASI serta apakah mereka memberikan suplemen vitamin D tambahan. Lalu dokter mengumpulkan sampel darah dari anak-anak untuk melihat kadar vitamin D.

Hasilnya, anak-anak yang mendapatkan ASI lebih lama (melebihi 1 tahun) namun tak disertai dengan suplemen vitamin D, memiliki kadar vitamin D dalam darah yang semakin menurun.

Untuk setiap satu bulan tambahan pemberian ASI, kadar vitamin D yang tidak normal meningkat sebesar 6 persen, para peneliti melaporkan dalam American Journal of Public Health.

Bila kondisi ini terus berlangsung secara konsisten, peneliti memprediksi 16 persen dari anak usia 2 tahun yang masih mendapat ASI, namun tidak menerima tambahan vitamin D akan mengalami kekurangan vitamin D yang serius pada usia 3 tahun.

Sehingga, hasil ini mendukung rekomendasi American Academy of Pediatrics yang menyarankan para orangtua untuk memberikan suplemen vitamin D selama menyusui.

Walau hasil ini bisa berbeda pada tiap anak di wilayah berbeda, ada baiknya orangtua mengonsultasikannya pada dokter anak untuk mendapatkan saran yang sesuai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com