Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segelas Alkohol Per Hari Saja Sudah Tingkatkan Risiko Kanker

Kompas.com - 24/02/2016, 15:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Terlalu banyak minum alkohol memang tak baik bagi kesehatan. Namun, sedikit minum alkohol saja ternyata sudah meningkatkan risiko penyakit kanker.

Berdasarkan penelitian, satu gelas alkohol per hari saja sudah meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 4 persen. Bagi peminum berat atau lebih dari tiga gelas per hari, risikonya meningkat jadi 40-50 persen.

Dokter Sally Norton mengungkapkan, alkohol bahkan bisa menyebabkan sekitar 60 penyakit. Selain kanker, penyakit yang bisa disebabkan karena minum alkohol, yaitu tekanan darah tinggi, sirosis hati hingga depresi. Alkohol juga dapat meningkatkan risiko obesitas. Jika sudah obesitas, maka muncul berbagai risiko penyakit seperti diabetes dan jantung.

Bahaya lainnya, alkohol dapat menurunkan memori, konsentrasi, memperburuk kualitas, bahkan menurunkan kesuburan sehingga mengganggu kehidupan seks Anda. Pengaruh alkohol juga membahayakan diri sendiri dan orang lain ketika Anda mengemudi.

Dalam 10 tahun terakhir, tercatat peningkatan dua kali lipat di rumah sakit Inggris untuk penanganan penyakit karena minum alkohol. Kasus berbagai penyakit ini juga menyebabkan sekitar 9.000 kematian per tahun di Inggris.

Norton menilai, banyak anak muda yang tak sadar alkohol dapat merusak kesehatannya secara perlahan. Ia menyayangkan adanya hidangan alkohol saat anak-anak muda berkumpul.

Penelitian ini pun tidak sependapat dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan ada batasan minum alkohol untuk mengurangi risiko sakit jantung. Namun, hal itu hanya berlaku untuk wanita berusia 55 tahun atau lebih. Persentase untuk menyehatkan jantung pun sangat kecil.

Menurut peneliti, studi tersebut tidak cukup untuk memberikan rekomendasi minum alkohol dengan alasan kesehatan. Sejumlah ahli kesehatan masyarakat kini menyatakan tidak ada batasan aman dari minum alkohol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com