Kompas.com - 24/02/2016, 17:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
JAKARTA, KOMPAS.com - Disfungsi ereksi atau awam biasanya menyebutnya impotensi biasanya terjadi pada usia di atas 40 tahun. Namun, pria berusia muda pun bisa mengalami hal ini ketika berhadapan dengan pasangannya.

Dokter spesialis urologi dari RS Premier Bintaro, Nouval mengungkapkan, disfungsi ereksi pada usia muda bisa terjadi karena berbagai hal, baik itu disfungsi ereksi organik dan psikogenik.

"Misalnya usia 30an sudah darah tinggi, ada yang diabetes, itu berisiko disfungsi ereksi organik. Penyakit itu menganggu pembuluh darah, jadi kaku sehingga menyebabkan disfungsi ereksi," jelas Nouval di Jakarta, Selasa (23/2/2016).

Orang berusia muda biasanya juga mengalami disfungsi ereksi psikogenik. Kurangnya rasa percaya diri, bertengkar dengan istri, atau masalah dipecat dari pekerjaan bisa menyebabkan penis loyo saat berhubungan seksual.

Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan alkohol juga bisa menjadi pemicu terjadinya diafungsi ereksi.

"Merokok juga kan merusak pembuluh darah, juga pada pembuluh darah di penis," kata Nouval.

Kondisi disfungsi ereksi bisa berlangsung lama. Kebanyakan pria akan mencari obat-obatan, seperti "pil biru" untuk bisa ereksi dengan normal. Menurut Nouval, obat memang bisa membantu performa pria dengan disfungsi ereksi. Namun, sifatnya hanya sementara.

Jika mengalami disfungsi ereksi, sebaiknya pergi ke dokter dan tidak membeli obat secara sembarangan. Pengobatan disfungsi ereksi yang tepat akan dilakukan dengan melihat penyababnya terlebih dahulu.

"Kalau dia kurang rasa percaya diri, ya kita juga harus membangkitkan kepercayaan dirinya dulu," kata Nouval.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.