Kompas.com - 25/02/2016, 18:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
JAKARTA, KOMPAS.com - Cidera ligamen pada lutut merupakan jenis cidera yang umum terjadi pada atlet. Selain karena olahraga yang bersifat high impact, seperti main bola dan bola basket, cedera lutut juga bisa terjadi karena trauma atau kecelakaan.

Gejala cidera ligamen antara lain lutut terasa nyeri, ada pembengkakan, gerakan yang tidak sempurna, hingga lutut terasa longgar.

Pada cidera yang sangat parah, lutut harus dioperasi agar bisa kembali berfungsi seperti semula. Namun, banyak para atlet takut tak bisa kembali berolahraga setelah operasi.

Dokter spesialis ortopedi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Andre Pontoh menegaskan, tidak dapat berolahraga kembali setelah operasi itu hanyalah mitos. "Dengan penanganan yang tepat, setelah operasi ligamen, bisa berolahraga kembali," ujar Andre dalam diskusi di RSPI, Jakarta Selatan, Kamis (25/2/2016).

Andre menjelaskan, operasi ligamen dilakukan dengan menanam urat yang diambil dari urat paha pasien itu sendiri. Operasi tersebut memakan waktu sekitar 1 jam.

Namun, pemulihan cidera tak selesai hanya pada operasi. Untuk bisa kembali beraktivitas, khususnya olahraga, pasien harus melewati beberapa tahap.

"Setelah operasi ligamen memakan waktu 6 sampai 9 bulan. Ada tes yang harus dilakukan, misalnya daya keseimbangan harus baik," ujar dokter yang biasa menangani cedera pada atlet ini.

Untuk mengetahui cedera ligamen pada lutut tak bisa dengan X-Ray, melainkan MRI. Menurut Andre, kesehatan lutut sangat penting dijaga karena bagian tubuh ini menunjang kegiatan manusia untuk beraktivitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Nyeri Dada
Nyeri Dada
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.