Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2016, 22:03 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Musim hujan adalah musim bangkitnya beberapa jenis penyakit menular, seperti demam berdarah, flu, selesma, infeksi dan kolera. Beberapa tindakan pencegahan sederhana dapat menjaga kesehatan Anda sekeluarga.


1. Demam berdarah
Ini adalah penyakit yang baru-baru ini mewabah di Indonesia. Penyebabnya adalah virus demam berdarah yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti.

Pencegahan paling efektif adalah dengan menyingkirkan semua tempat yang berpotensi menyebabkan air tergenang, seperti membersihkan saluran air supaya lancar, membakar sampah plastik atau botol terutama yang berbentuk wadah, mengeringkan air yang tergenang di pot bunga, dan menguras serta menutup persediaan air di rumah.


2. Flu dan selesma
Flu dan selesma adalah dua penyakit yang berbeda. Selesma atau pilek adalah infeksi virus pada sistem pernapasan. Mencakup rhinoviruses, respiratory syncytial virus (RSV), parainfluenza virus, adenovirus dan coronavirus.

Flu adalah infeksi yang disebabkan virus RNA dari familia Orthomyxoviridae. Gejala umum dari penyakit ini adalah meriang, demam, nyeri tenggorokan, nyeri otot, pusing, batuk, lemas.

Virus flu dan selesma bisa menular lewat bermacam-macam cara, di antaranya lewat udara, percikan air liur ketika penderitanya bersin atau batuk dan melalui benda-benda yang terkena percikan air liur penderita.

Stamina yang kuat adalah kunci mencegah diri kita tertular. Makan makanan bergizi, cukup istirahat, dan rutin olahraga telah terbukti ampuh meningkatkan sistem imun. Hindari kontak dengan penderita dan lakukan vaksin rutin ke dokter.

3. Kolera (diare)
Ini adalah penyakit menular di saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakterium Vibrio cholerae. Bakteri ini biasanya masuk ke dalam tubuh melalui air minum yang terkontaminasi karena sanitasi yang tidak memadai. Gejalanya adalah diare, kram perut, mual, muntah, dan dehidrasi.

Pemberian vaksin hidup (strain CVD 103-HgR/orachel/mutacel) dan vaksin mati (Dukoral, SBL) ampuh mencegah kolera. Pastikan juga lingkungan Anda bersih, makanan dan minuman Anda matang dan tidak terkontaminasi kotoran.

Kebanyakan penyakit-penyakit di atas juga bisa dicegah dengan sanitasi yang baik. Cuci tangan menggunakan sabun dan air bersih sebelum dan sesudah makan, selesai ke toilet dan sesudah pergi ke luar rumah.

Hindari menyentuh wajah, terutama jika Anda tak yakin tangan Anda bersih supaya kuman tak mudah terhirup oleh hidung atau mulut. Jaga kebersihan rumah dan lingkungan serta minum air matang atau air yang sudah steril.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com