Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Tepat untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

Kompas.com - 06/03/2016, 16:55 WIB

KOMPAS.com - Olahraga merupakan suatu bentuk aktivitas fisik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh. Bahkan, sejumlah penelitian mengatakan, olahraga terbukti sebagai salah satu resep jitu untuk mencegah dan mengurangi risiko berbagai penyakit.Apakah aman untuk melakukan olahraga? Adakah olahraga yang aman untuk penderita tekanan darah rendah?

Bagi mereka dengan tekanan darah rendah, memang tak bisa sembarangan melakukan olahraga. Pasalnya, olahraga dapat menimbulkan efek penurunan tekanan darah. Sehingga, penderita akan merasakan beberapa gejala, seperti pusing, kepala terasa ringan, dan kesemutan saat berolahraga.

Namun, ini bukan berarti para penderita tekanan darah rendah tak boleh olahraga sama sekali. Menurut dokter Spesialis Kesehatan Olaharaga, dr Sophia Hage, SpKO, sebetulnya dengan tetap berolahraga secara teratur justru dapat membuat tekanan darah rendah menjadi stabil atau normal. Hal ini disebabkan adanya peningkatan kekuatan otot dan kebugaran jantung serta paru-paru.

"Selain itu, kemampuan jantung untuk memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih efisien," ucap dokter yang berpraktek di Klinik Lighthouse Wahid Hasyim tersebut.

Mereka yang bertekanan darah rendah dapat memilih olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan organ jantung dan paru-paru, sehingga dapat membuat tekanan darah menjadi normal. Misalnya, renang, jalan cepat, rowing (mendayung), jogging, bersepeda, dan pilates.

Selain itu, juga dapat memilih olahraga yang sifatnya dapat meningkatkan kekuatan otot, yakni latihan beban dengan intensitas ringan dan latihan kalistenik (olahraga yang menggunakan beban tubuh kita sebagai beban untuk latihan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com