Kompas.com - 06/03/2016, 16:55 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Olahraga merupakan suatu bentuk aktivitas fisik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh. Bahkan, sejumlah penelitian mengatakan, olahraga terbukti sebagai salah satu resep jitu untuk mencegah dan mengurangi risiko berbagai penyakit.Apakah aman untuk melakukan olahraga? Adakah olahraga yang aman untuk penderita tekanan darah rendah?

Bagi mereka dengan tekanan darah rendah, memang tak bisa sembarangan melakukan olahraga. Pasalnya, olahraga dapat menimbulkan efek penurunan tekanan darah. Sehingga, penderita akan merasakan beberapa gejala, seperti pusing, kepala terasa ringan, dan kesemutan saat berolahraga.

Namun, ini bukan berarti para penderita tekanan darah rendah tak boleh olahraga sama sekali. Menurut dokter Spesialis Kesehatan Olaharaga, dr Sophia Hage, SpKO, sebetulnya dengan tetap berolahraga secara teratur justru dapat membuat tekanan darah rendah menjadi stabil atau normal. Hal ini disebabkan adanya peningkatan kekuatan otot dan kebugaran jantung serta paru-paru.

"Selain itu, kemampuan jantung untuk memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih efisien," ucap dokter yang berpraktek di Klinik Lighthouse Wahid Hasyim tersebut.

Mereka yang bertekanan darah rendah dapat memilih olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan organ jantung dan paru-paru, sehingga dapat membuat tekanan darah menjadi normal. Misalnya, renang, jalan cepat, rowing (mendayung), jogging, bersepeda, dan pilates.

Selain itu, juga dapat memilih olahraga yang sifatnya dapat meningkatkan kekuatan otot, yakni latihan beban dengan intensitas ringan dan latihan kalistenik (olahraga yang menggunakan beban tubuh kita sebagai beban untuk latihan).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.