Kompas.com - 07/03/2016, 15:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Musim hujan seakan membuat tubuh rentan terserang flu. Tak sedikit orang yang memilih obat alami untuk meredakan gejala flu, salah satunya ialah mengonsumsi minuman racikan khusus.

Namun, hati-hati, ada beberapa minuman yang awalnya dipercaya bisa melegakan tenggorokan dan membuat tubuh lebih bugar selama dilanda flu, nyatanya malah bisa memperparah penyakit Anda.

Air jeruk hangat
Segelas air jeruk hangat seringkali dipercaya dapat meredakan gejala flu. Tetapi sebelum Anda meminum air jeruk hangat dengan rasa manis, sebuah penelitian yang melibatkan 30 studi menemukan bahwa vitamin C pada jeruk atau lemon tidak dapat meringankan gejala pilek atau membantu Anda lebih cepat sembuh. Begitu juga dengan vitamin C yang Anda dapat dalam suplemen.

Bahkan, minum air jeruk hangat benar-benar bisa memperburuk gejala flu yang disertai batuk karena adanya kandungan gula buah—terlebih bila diberi gula tambahan—yang dikenal bisa meningkatkan peradangan.

Cuka apel
Cuka apel dikenal sebagai “obat” alami yang bisa menunjang kesehatan tubuh. Namun, cuka apel nyatanya tidak terbukti bisa mengurangi jumlah lemak saat Anda mengonsumsinya untuk penurunan berat badan, tidak pula menghilangkan jerawat, mengakhiri arthritis dan tidak juga dapat menyembuhkan flu.

Tentu, penelitian memang menunjukkan bahwa cuka apel memiliki sifat antimikroba, tapi sayangnya flu disebabkan oleh virus, bukan bakteri.

Bahkan jika Anda memiliki infeksi bakteri pada radang tenggorokan, tidak ada informasi faktual seberapa banyak cuka apel yang perlu Anda konsumsi untuk bisa membunuh bakteri tersebut.

Justru, kemungkinan besar Anda akan mengalami sakit tenggorokan dan sakit perut karena kandungan asam yang tinggi.

Minyak kelapa
Seperti cuka apel, minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba, tetapi itu tidak akan membantu meredakan pilek atau mengusir virus flu.

Juga seperti cuka apel, jika Anda benar-benar ingin mencoba untuk menyembuhkan infeksi bakteri dengan minyak kelapa, Anda kemungkinan harus meminum jumlah yang cukup banyak, yang justru bisa membuat badan Anda merasa lebih tidak enak karena konsumsi minyak berlebih.

Minuman dengan kandungan alkohol
Segelas whiskey mungkin akan menghangatkan tenggorokan Anda, tapi itu tidak akan menghentikan pilek Anda.

Alkohol adalah racun, di mana tubuh Anda perlu mengeluarkan energi lebih banyak untuk menyingkirkannya. Sedangkan Anda juga butuh energi untuk melawan infeksi. Terlebih lagi, minuman beralkohol bisa memicu dehidrasi yang akhirnya memperburuk penyakit apapun.

Dengan kata lain, makan makanan yang bergizi dan sehat adalah kunci untuk mendapat kekebalan tubuh yang baik. Itulah yang Anda butuhkan dalam melawan flu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber MSN.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.