Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zat Kimia yang Harus Dihindari di Produk Perawatan Bayi

Kompas.com - 11/03/2016, 12:00 WIB
KOMPAS.com - Sabun bayi, shampo, dan juga losion, yang dipakai bayi Anda mungkin memiliki label "natural", atau "lembut", tetapi sebenarnya juga mengandung zat kimia toksik yang berbahaya.

Setiap hari anak-anak terpapar 27 zat kimia berbahaya setiap harinya hanya lewat produk perawatan tubuh saja. Demikian menurut survei yang dilakukan oleh Environmental Working Group.
 
Hampir kebanyakan zat kimia dalam produk perawatan bayi ternyata belum pernah diuji keamanannya, paling tidak di AS. Sayangnya, sebagai konsumen kita sering sulit mendapatkan produk alternatif yang lebih aman.

Berikut adalah 5 zat kimia yang sebaiknya dihindari dalam produk perawatan tubuh bayi.

1. Parfum

Anda mungkin sangat menyukai aroma wangi dari losion bayi, tetapi zat parfum bisa menyebabkan alergi, iritasi kulit, dan juga eksim pada bayi.

Parfum, pewangi, atau fragrance, juga sering ditulis untuk menyembunyikan berbagai zat kimia lainnya dalam produk tersebut.

2. Phthalate dan paraben

Phthalate dan paraben adalah kelompok zat kimia yang dipakai sebagai pengawet dalam produk perawatan tubuh seperti shampo bayi dan losion.

Phtahalet terkait dengan efek sampingnya yang bisa mengganggu hormonal sehingga menyebabkan gangguan reproduksi, termasuk menurunkan kemampuan gerak sperma dan konsentrasinya, memicu alergi, asma, dan juga kanker.

Penelitian menunjukkan, zat kimia paraben juga memiliki efek yang hampir sama, yakni menimbulkan gangguan reproduksi, gangguan perkembangan, memicu endometriosis, iritasi kulit, dan juga kanker.

Menurut Nancy Peplinsky, pendiri Holistic Moms Network, sebaiknya hindari produk bayi yang mengandung phthalte, DEP, DBP, DEHP, dan zat yang berakhiran dengan "-paraben."

3. Formaldehyde dan pengawet yang melepaskan formaldehyde.

Formaldehyde adalah zat pengawet yang ditambahkan dalam produk berbasis air untuk mencegah pertumbuhan jamur. Zat ini bisa ditambahkan langsung ke dalam produk atau dilepaskan melalui zat pengawet lainnya.

Formaldehyde bersifat karsinogen bagi manusia dan terkait dengan reaksi mirip alergi seperti masalah pernapasan, sakit kepala, dan mual.

Hindari produk yang mengandung formaldehyde, quaternium-15, DMDM hydantoin, imidazolidinyl urea, diazolidinyl urea, polyoxymethylene urea, sodium hydroxymethylglycinate, 2-bromo-2-nitropropane-1,3-diol (bromopol) and glyoxal.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com