Kompas.com - 12/03/2016, 19:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kendati Anda sudah sukses menerapkan pola makan sehat dengan menghindari makanan sangat manis dan berlemak, bisa saja berat badan jadi naik hanya dengan memandangi foto makanan di Instagram dan Pinterest. Serius!

Menurut sebuah studi berjudul Eating with Our Eyes: From Visual Hunger to Digital Satiation, fotografi makanan berlemak tinggi yang menarik secara visual dapat menyebabkan naiknya aliran darah ke bagian otak yang berkaitan dengan keinginan untuk makan, meskipun kita tak sedang lapar.

Dengan kata lain, melihat burger dengan lelehan keju dan daging yang menggiurkan jelas membuat kita ingin makan sesuatu yang memuaskan lidah dan perut.

Meski demikian, Anda tak perlu buru-buru unfollow akun yang sering memasang foto makanan enak. Otak memang bisa bikin kita lapar, tetapi kita juga dapat memanipulasi sinyal lapar dari otak itu.

Ketika melihat gambar pizza dengan lumuran keju sebelum makan siang, ingatlah makanan terakhir yang disantap. Semangkuk oatmeal saat sarapan memberi efeknya dengan roti dilapisi cream cheese.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.