Kompas.com - 18/03/2016, 08:15 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi
JAKARTA, KOMPAS.com - Barangkali Anda tidak merasa haus saat berada di ruang ber-AC, dibanding di luar ruangan yang panas. Anda juga tidak berkeringat karena ruangan yang dingin. Kondisi ini sering kali membuat orang lupa minum saat berlama-lama berada di ruang ber-AC.

"Dalam ruangan ber-AC juga berisiko dehidrasi," ujar Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) dr. Budi Wiweko, SpOG di sela-sela acara Indonesian Hydration and Health Conference (IH2C) di Hotel JW Marriot, Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Padahal, orang dewasa normal membutuhkan asupan cairan sebanyak 2 liter per hari atau 8 gelas air putih per hari.

Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM Fiastuti Witjaksono menambahkan, seseorang mengeluarkan cairan dari tubuh sekitar 1300-3500 ml per hari tergantung kondisi dan aktivitas tubuh. Cairan tak hanya keluar dari saluran kemih, tetapi juga saluran napas dan kulit. Dengan begitu, minum air sangat diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar.

"Kalau kita di ruang ber-AC, kelembabannya rendah, jadi kita akan mengeluarkan cairan," terang Fiastuti.

Kelembaban udara dalam ruangan ber-AC menyebabkan penguapan air melalui kulit menjadi lebih banyak. Tanpa kita sadari, kekurangan cairan bisa menurunkan konsentrasi atau sulit fokus. Kondisi ini, tentu dapat mengganggu kinerja di kantor.

Dehidrasi kronik atau jangka panjang, bisa menyebabkan kekentalan darah, pembekuan darah, hingga tekanan darah tinggi. Untuk itu, meski berada di ruang ber-AC, rutinlah minum air. Sediakan segelas air putih di atas meja kerja agar tak lupa minum untuk menjaga hidrasi tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.