Kompas.com - 18/03/2016, 16:19 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Kantuk berlebihan di siang hari merupakan salah satu tanda kita mengalami gangguan tidur. Sayangnya, banyak orang tidak menyadari hal itu. Ketika kantuk datang, yang dilakukan adalah mengonsumsi minuman berkafein.

Menurut dr.Andreas Prasadja, RPSGT, pakar kesehatan tidur, banyak orang tak menyadari dirinya mengantuk.

"Lihat saja sekeliling, berapa banyak kelucuan yang disebabkan kealpaan dalam beraktivitas. Salah mengambil kunci, salah mengirim teks, lupa tempat parkir, dan masih banyak kealpaan lainnya, yang sebenarnya merupakan tanda-tanda kantuk," kata Andreas.

Ia menambahkan, kemampuan otak bisa terus terjaga berkat tidur. Gejala kantuk yang kita alami bisa muncul sebagai kecerobohan, turunnya konsentrasi, emosi, bahkan turunnya libido.

Walau kita bisa mengusir kantuk dengan minuman berkafein, tetapi menurut Andreas kemampuan otak tetap tidak bisa sempurna seperti saat tubuh bugar.

"Jadi saat kita kekurangan tidur, kafein akan membantu kurangi kantuk, tetapi kemampuan otak yang sudah terlalu lelah tak akan terbantukan," ujar konsultan utama AP Snoring & Sleep Disorder Clinic ini.

Bukti-bukti ilmiah akibat buruk kurang tidur bagi kesehatan juga semakin menggunung. Daya tahan tubuh yang buruk, peningkatan tekanan darah, perubahan metabolisme hingga kanker.

"Tak ada satu zat pun di dunia yang dapat menggantikan efek restoratif tidur," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.