Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Terbaik Menghilangkan Kantuk adalah Tidur, Bukan Kafein

Kompas.com - 18/03/2016, 16:19 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Kantuk berlebihan di siang hari merupakan salah satu tanda kita mengalami gangguan tidur. Sayangnya, banyak orang tidak menyadari hal itu. Ketika kantuk datang, yang dilakukan adalah mengonsumsi minuman berkafein.

Menurut dr.Andreas Prasadja, RPSGT, pakar kesehatan tidur, banyak orang tak menyadari dirinya mengantuk.

"Lihat saja sekeliling, berapa banyak kelucuan yang disebabkan kealpaan dalam beraktivitas. Salah mengambil kunci, salah mengirim teks, lupa tempat parkir, dan masih banyak kealpaan lainnya, yang sebenarnya merupakan tanda-tanda kantuk," kata Andreas.

Ia menambahkan, kemampuan otak bisa terus terjaga berkat tidur. Gejala kantuk yang kita alami bisa muncul sebagai kecerobohan, turunnya konsentrasi, emosi, bahkan turunnya libido.

Walau kita bisa mengusir kantuk dengan minuman berkafein, tetapi menurut Andreas kemampuan otak tetap tidak bisa sempurna seperti saat tubuh bugar.

"Jadi saat kita kekurangan tidur, kafein akan membantu kurangi kantuk, tetapi kemampuan otak yang sudah terlalu lelah tak akan terbantukan," ujar konsultan utama AP Snoring & Sleep Disorder Clinic ini.

Bukti-bukti ilmiah akibat buruk kurang tidur bagi kesehatan juga semakin menggunung. Daya tahan tubuh yang buruk, peningkatan tekanan darah, perubahan metabolisme hingga kanker.

"Tak ada satu zat pun di dunia yang dapat menggantikan efek restoratif tidur," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com