Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2016, 13:56 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.COM - Menjadi pikun ketika tua adalah hal yang menakutkan. Jangan khawatir, riset baru dari Concordia University ada hal-hal sederhana yang membantu otak tetap muda.

Studi itu membuktikan semakin teratur seseorang naik tangga, semakin awet muda otak mereka. Riset tersebut diterbitkan di Neurobiology of Aging.

Dalam riset tersebut peneliti menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging) non invasif untuk memeriksa 331 otak peserta berusia antara 19 dan 79 tahun.

Untuk memeriksa kesehatan otak, mereka melihat volume sel-sel kelabu, penanda visual kesehatan saraf dalam proses penuaan. Kemudian mereka membandingkan volume otak dengan jumlah tangga yang dipanjat peserta secara teratur dan berapa tahun yang mereka habiskan untuk sekolah.

Mereka menemukan semakin rajin naik tangga, otak memiliki lebih banyak sel-sel kelabu, setara dengan 0,58 tahun lebih muda. Mereka juga menemukan setiap tahun pendidikan yang dilalui, otak tampak 0,95 lebih muda.

"Dibandingkan dengan banyak bentuk aktivitas fisik, naik tangga adalah sesuatu yang dapat dilakukan orang dewasa dan dilakukan paling tidak sehari sekali. Naik tangga bukan termasuk aktivitas fisik berat," ujar Jason Steffener, pemimpin penelitian tersebut dalam sebuah pernyataan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com